Tentang UNYIL

Ini bukan blog tentang Unyil temannya Usro yang merupakan tokoh boneka dalam serial televisi itu. 100% bukan. Saya sendiri tidak tahu bagaimana secara kebetulan nama itu sama. Yah, yang jelas ini adalah blog yang didedikasikan secara khusus untuk Unit Kegiatan Mahasiswa Selam Universitas Gadjah Mada (wuih, panjangnya) kalo disingkat kira2 jadi UKM Selam UGM.

Pertanyaannya, kenapa UKM Selam UGM (atau Unit Selam UGM) kok bisa disebut dengan UNYIL??? Begini ceritanya…

Jaman dahulu kala ada 4 orang pemuda gagah perkasa dari suatu negeri antahberantah yang diberi tugas untuk menuntut ilmu kanuragan, ilmu kadiraan, dan ilmu kawaspadan (hasilnya: Waspada Dira Anuraga). Di dalam perantauannya mencari kesaktian itulah para pemuda itu bertekad untuk menyebarkan kepandaiannya di negerinya sendiri. Setelah mendapatkan tempaan fisik maupun mental, akhirnya keempat pemuda tadi pulang ke negerinya, dan kedatangan mereka disambut dengan meriah oleh seluruh rakyat. Negeri itu kecil, tapi memiliki patih yang dapat menyatukan nusantara.

Dengan kepulangan para pemuda itu, maka ke-SELAM-atan negeri menjadi lebih terjamin, dan lambat laun keempat pemuda tersebut dikenal sebagai pendiri UNYIL, sebuah padepokan prestisius yang mengabdikan dirinya untuk sang Mak Ritim (maritim). Dan mulailah generasi itu tumbuh, dari Unyiler pertama sampai Unyiler tak terhingga dimasa yang akan datang.

Begitulah kisah tentang unyil dan generasi penerusnya…

NB: Cerita diatas adalah fiktif belaka, jangan dipercaya begitu saja

Pasti belum tahu apa itu unyil, hehehehe. sengaja sih.
Jadi sebenarnya unyil adalah nama populer dari Unit Selam UGM, asal kata unyil adalah dari Unit Nyilem (Unit Menyelam : bahasa jawa). Dari nama itulah, telah diciptakan para Unyil-unyil yang berkualitas. Saat ini penyebaran Unyiler sudah dari Aceh sampai dengan Papua, bahkan Unyil cabang Amerika pun sudah ada, tinggal ditunggu cabang2 lainnya dibuka. hehehe.

Ini sekilas asli dari Unit selam UGM:

UKM SELAM UGM
Unit Selam Universitas Gadjah Mada adalah Unit Kegiatan Mahasiswa Universitas Gadjah Mada dibidang olahraga selam. Organisasi ini berada dibawah naungan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dan dijalankan sepenuhnya oleh mahasiswa Universitas Gadjah Mada. Meskipun Yogyakarta tidak memiliki pantai yang dapat diselami, namun organisasi ini tetap menyelenggarakan kegiatan penyelaman di perairan tropis indonesia.

SEJARAH UNIT SELAM UGM
Unit Selam UGM didirikan pada tanggal 08 Agustus 1987, hal ini tak lepas dari jasa Rektor Universitas Gadjah Mada saat itu, Bapak (alm) Kusnadi Hardjasoemantri, yang juga seorang tokoh lingkungan hidup yang cukup terkemuka dan juga pernah menjadi penasehat PB POSSI di Jakarta. Bulan Juli 1987, beliau mengirim 4 orang mehasiswa untuk mengikuti paket pendidikan selam yang diselenggarakan PB POSSI di Jakarta. Keempat mahasiswa inilah yang menjadi cikal bakal berdirinya Unit Selam Universitas Gadjah Mada.

VISI dan MISI
Unit Selam UGM memiliki visi dan misi sebagai berikut :
» Visi :
» Misi :
– Membina dan meningkatkan kualitas keterampilan penyelaman dan pengetahuan kelautan untuk setiap anggota Unit Selam Universitas Gadjah Mada pada khususnya dan masyarakat pada umumnya.
– Ikut berperan serta aktif/pasif bersama instansi pemerintah, instansi non pemerintah dan masyarakat dalam usaha konservasi bahari.

ORGANISASI
Unit Selam Universitas Gadjah Mada merupakan salah satu dari 52 Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada di lingkungan Universitas Gadjah Mada. UKM ini bergabung dalam Sekretaiat Bersama (Sekber) Olah Raga Universitas Gadjah Mada. Meski dalam kegiatannya Unit Selam Universitas Gadjah Mada tidak melulu dalam olahraga, melainkan juga kegiatan ilmiah seperti penelitian sumber daya laut,  sport, research, rescue dan tentunya wisata.

WEBSITE
http://unitselam.ukm.ugm.ac.id/

Responses

  1. go go go unyil ranger….!!!!

  2. mencoba ikutan trend anak muda, corat-coret unyil di dunia maya, dunia entah di langit mana,
    boleh ikut cerita ya..
    aku JABRIK
    aku ikut unit selam pada bulan pebruari tahun 1990
    dulu banget pokokmen !

  3. UNYIL emang spt nama tokoh boneka tp UNYIL yg ini jauh banget dr dunia boneka.

    UNYIL tempat ku belajar sgala hal dari kecil mpe gede. aku belajar arti sahabat, keluarga, organisasi dan selam tentunya dan masih byk yg laen.

    Rugi banget banget gak ikut di UNYIL!

    I Luv UNYIL

  4. hi..
    salam kenal aja.
    aku dulu pernah terdaftar di UKM selam UGM lupa angkatan brapa (ada yg kenal Tesa?) cuma karena satu dan lain hal gak pernah aktiv.

    • eheheh.. debby.. piye kabare?

  5. salam kenal juga mbak debby. kalo seangkatan sama tesa tuh berarti kamu diklat 13. gabung di groupnya selam ugm ya di facebook…

  6. waaaah aku entuk pengalaman UNYIL dari kawan 2di Blog UKM UGM makasih mas….dengan ilmunya lanjut lagi di lain kesempatan pasti akan saya buka blog anda sungguh mebngasikan… dan tentunya yg iklas… doong…! dan boleh juga saya ni walau dah kakek tapi suka belajar3… lagi belajar namun juga tidak tamat3. hanya suka gitulho. matur nuwun yo mas – mas kabeh salam konco2 kabeh. wasalam.

  7. ma’f kaK…….
    saLam keNal, naMa saYa Hasrul, saYa maU naNya kiRa-kira kaPan UNYIl menyelenggarakan sertifikasi selam one star…….? karna saYa berminat untuk ikut. untuk yg bulan july kmarin sya lambat dapat infonya jadi ngGak sempat ikutan.
    moHon d baNtu deNgan info-infonya kaK.
    tRima Kasih……

    • Halo Hasrul, kita akan menyelenggarakan sertifikasi selam one star pada pertengahan tahun🙂 info akan diberi tahu beberapa bulan sebelum acara diadakan…

  8. maaf mas, mbak nupang nanyaa??
    klo mahasiswa dari universitas lain bisa gabung gak yaa??
    dan andai klo bisa persyaratannya apa saja..
    mohon infonya nggih..
    matur suwun.. (y)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s