Posted by: selamugm | Wednesday, 10 October 2012

Aware to Save Indonesia Coral Reefs

Yogyakarta- Reef covery merupakan suatu kegiatan yang diselenggarakan olehUnit Selam UGM atau Gadjah Mada DivingSocietyberlandaskan Konservasi Sumberdaya Bahari. Dalamperjalanannya Unit Selam UGM telah banyak melakukan kegiatan konservasi dan penelitian diberbagaiTaman Laut Nasional di Indonesia. Salah satunya adalah Reef covery yang dilakukan secara berkala setiap tahunnya diTaman Nasional Baluran sejak tahun 2001 dengan nama Reef check sebelum akhirnya berevolusinama menjadi Reef covery. Kegiatan ini bertujuan menjaga, memelihara dan memulihkan sumberdaya lautan dari ancaman kerusakan lingkungan terumbu karang dan biota laut didalamnya akibat dampak Global Warming yang menyebabkan Coral Bleaching /Pemutihan Karang serta akibat kegiatan manusiayang tidak bertanggung jawab dalam membuang limbah dan sampah kelautan serta penggunaan alat yang tidak ramah lingkungan dalam menangkap ikan. Pada tahun ini Reef Covery IV oleh Unit Selam UGM akan dilaksanakan pada 03-09 Oktober 2012 di perairan Taman Nasional Baluran, Jawa Timur dengan tema besar“Be Conservative” dengan judul ‘Aware to Safe Indonesia Coral Reefs’ atau sebuah kegiatan bersama untuk mengajak dan meningkatkan kesadaran seluruh masyarakat dalam menjaga dan memelihara sumberdaya laut Indonesia agar tetap bermanfaat bagi generasi sekarang dan masa depan. Mengapa Taman Nasional Baluran? UnitSelamUGMmelihatpotensiSumberDayaAlamyangbanyakdiTamanNasionalBaluran.DenganimageLittleAfricainJava”,Taman NasionalBaluranternyatatidakhanyaindahdengansavananya,namunjugamemiliki keindahantamanlautyangluarbiasayangperlu dijagakelestariannya.

Sebagaijudul “Aware to Safe Indonesia Coral Reefs” bermaksud mengajak masyarakat luasuntuk sadar akan isu kerusakan terumbu karang akibat pengaruh Global Warming dan aktivitas manusia yang tidak bertanggung jawab dalam memanfaatkan sumberdaya lautnya, sehingga menjadi ikut pedulidan mau untuk memeliharanya agar sumberdaya laut Indonesia bermanfaat secara Sustainable atau berkelanjutan bagi semua masyarakat dan generasi. Beberapa program yang akan dilaksanakan dalam Reef Covery IV Unit Selam UGM di perairan Taman Nasional Baluran diantaranya (1) Monitoring Karang, yaitu memonitoring kesehatan terumbu karang dengan metode reef check (2) Transplantasi Karang, dengan memindahkansalah satu bagian dari terumbu karang yang masih sehat pada suatu meja transplan untuk ditumbuhkanmenjadi populasi terumbu karang baru (3) Permanent tagging lokasi reef check, Menandaispot agar memperkuatvaliditas data dan mempermudah pengamatan apabila dijumpai suatu perubahan pada lokasi (4) Beach Cleaning, kegiatanbersih-bersih daerah pesisir sekitar penginapan yang dilakukan di hari terakhir Reef covery (5) Pembaharuan Papan Informasi, papan tersebut berisikan informasi mengenai kegiatan Reef check Unit Selam UGM yang telah dilakukan sejak 2001 sekaligus informasi mengenai keenam titik penyelaman yang ada di Baluran.

.Harapandari kegiatan Reef covery ini adalah masyarakat ikut tergugah dalam menjaga dan melestarikan lingkungan lautnya serta terciptanya Marine Sustainable Resources atau sumberdaya lautan yang berkelanjutan sehinggabermanfaat bagi generasi sekarang dan masa depan.Reef covery IV Unit Selam UGM “Be Conservative” juga mengajak segenap pihak dari semua kalangan untuk ikut berpartisipasi dalam acaraReef Covery ini sebagai upaya kami untuk mengenalkan kekayaan laut Indonesia dan juga meningkatkan kesadarakan menjaga laut kita semuamelalui kegiatan yang positif. Kami juga berharap program semacam ini dapat menarik minat serta memacu semangat seluruh masyarakat Indonesia dan para generasi muda untuk turut terlibat dan berperan serta dan memelihara sumber daya laut Indonesia. Salam bahari! [ AF ]


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories