Posted by: selamugm | Friday, 28 October 2011

APA ITU SAMBA ?

Samba adalah ‘slang’ di freediving dimana badan kita ‘bergoyang-goyang’ ibaratnya menari samba. Dalam istilah medis, samba ini disebut juga sebagai LMC atau Loss of Motoric Control. Artinya cukup jelas, yaitu freediver sudah kehilangan kontrol akan sensor motorik di badan – alias gerakan tubuh sudah tidak bisa dikontrol lagi. gejala ini mirip dengan ‘ayan’ atau epilepsi.

Penyebabnya juga jelas, yaitu kadar oksigen di tubuh yang sudah terlalu rendah. Umumnya adalah akibat dari hyperventilasi atau ‘ketidak pedulian’ kita terhadap reaksi dari bawah sadar, bahwa kita sudah butuh oksigen.

Tahap selanjutnya dari samba ini hampir pasti adalah SWB atau Shallow Water Blackout. Tapi SWB juga bisa terjadi tanpa ada ‘samba’ sebelumnya. tindakan preventifnya adalah berhenti latihan & diberikan oksigen murni (100% O2) dan istirahat yang cukup.

Semoga membantu & selalu berhati-hati ketika latihan freediving. Biasakan selalu ada partner/buddy yang mendampingi & usahakan partner/buddy ini mengerti mengenai penanggulangan bahaya yang bisa terjadi di freediving.

Sumber : http://www.forumselam.com/viewtopic.php?t=1983


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories