Posted by: selamugm | Sunday, 1 May 2011

Temu Alumni Unit Selam Ugm 12-13 maret 2011

Temu Alumni Unit Selam Ugm 12-13 maret 2011
God Love Us When We Dive

God Love Us When We Dive

Kali kedua pertemuan anggota-anggota unit selam di gelanggang mahasiswa ugm merupakan rangkaian dari misi besar untuk penyatuan kekuatan anggota anggota unit selam ugm. Diharapkan dalam pertemuan kali ini dapat terumuskan landasan dasar koperasi dan program-program yang akan di laksanakan serta pembentukan pengurus untuk mengawali langkah besar ini.

Pertemuan yang dilakukan dengan sederhana namun tidak sesederhana spanduknya karena spanduknya boleh dibilang benar-benar bisa menutupi hampir seluruh jendela ruang sidang 1 dengan tulisan God love us when we dive. Entah apa maksud semboyan itu, tapi mungkin unit selam saat ini telah berhasil memperbaiki moral para penyelamnya.

Melalui cara perkenalan yang unik, setidaknya para peserta temu alumni ini bisa tahu bahwa para anggota unit selam ugm ternyata orang-orang yang sukses dalam kehidupannya. Sukses karena berhasil masuk unit selam ugm, sebab banyak sekali tahapan yang harus dilalui untuk dapat menjadi anggota unit selam ugm, karena sebelum masuk unit selam ugm kita pasti harus lulus SPMB dahulu. Hingga ada yang mengawali suksesnya sejak berjualan peyek dan krupuk untuk membiayai kuliah hingga bisa beli alat dasar dan sekarang bisa bikin dive resort sendiri.

Sekedar refreshing memory, kekuatan yang digalang dalam bentuk koperasi ini bertujuan untuk menyatukan kekuatan yang masih tidur dari ratusan alumni unyil dan anggota aktif tentunya, supaya sumber daya alam kita tidak semakin dijajah oleh orang asing. Bayangkan jika hampir setiap dive resort dan dive spot dikuasai orang asing, kemana kita bisa menyelam di negeri kita.

Orang-orang sukses ini kemudian dibagi dalam 2 tim untuk membahas mengenai organisasi dan program. Tim organisasi membahas mengenai kepengurusan dan administrasi (seperti AD ART yang sangat disukai unyilers karena kita semua sangat menghayati yang namanya AD ART tiap kali musang), sedangkan tim program membahas mengenai rencana-rencana mulai dari program usaha, rancangan kerja, sampai bisnis plan-nya.
Catatan-catatan dari tiap tim ini terdokumentasi rapih dan sudah dapat di unduh di milis selam. kesimpulan temu alumni dan hasil diskusi bagian program dapat diunduh disini http://groups.yahoo.com/group/selam_ugm/files/ kemudian untuk melihat AD/ART koperasi selam dapat diunduh disini http://groups.yahoo.com/group/selam_ugm/attachments/folder/1683083237/item/list (jika ada kesulitan dalam mengakses dokumen, nanti akan kita kirimkan lewat email anda)

Koperasi penyelam indonesia, itu merupakan nama yang akhirnya digunakan diantara puluhan nama yang diusulkan oleh tim organisasi sebagai nama dari koperasi. Mulai dari KOPPI, KOLAM INDO, KPPI, KONYELI, KPI, KELAMIN, KOLINDO, KORPSMINDO, INDOC, KOPELI, INDOCOP, IDC merupakan singkatan-singkatan yang provokatif namun nyentrik pastinya mampu meninggalkan kesan pada tiap orang yang membacanya, namun akhirnya disepakati bahwa dalam penyebutan koperasi ini tidak perlu disingkat.

Hasil diskusi tim program menghasilkan simpulan bahwa program usaha koperasi ini akan meliputi dive resort (penginapan), travel agent, dan Jasa penyelaman. Sasaran utama dari unit usaha KPI ini adalah para low budget traveler. Travel agent dianggap perlu karena untuk mendatangkan para pengunjung, kita harus menjemput bola langsung, supaya okupansi resort tetap optimal. Tentu saja anggota koperasi pasti akan diuntungkan dengan adanya usaha ini seperti kemudahan akomodasi dan harga yang miring tentunya

Perancangan kerja dari tahun pertama di tiap kwartal sampai tahun kelima sudah kita rumuskan garis-garis besarnya. Awal dari pergerakan koperasi akan dimulai dengan perekrutan anggota koperasi, karena pembentukan koperasi membutuhkan setidaknya 91 orang, sedangkan pada pertemuan kali ini anggota unit selam yang berkesempatan hadir hanya 35 orang. Setelah anggota terpenuhi dan investasi telah mencukupi usaha akan segera dijalankan. Perencanaan pengembangan usaha pertama akan dialakukan di karimunjawa, yang selanjutnya akan dilanjutkan ke maratua, wakatobi, dan pulau kelapa (kep seribu). Pelibatan masyarakat sekitar dalam program usaha ini sangat diharapkan supaya kita tidak menjadi penjajah di negeri sendiri.

Kepengurusan telah terbentuk pada hari minggu 13 maret 2011, penasehat dan pengawas dipilih secara aklamasi, sedangkan kursi ketua tentu saja dipilih berdasarkan hasil voting

Berikut ini adalah susunan pengurus
Penasehat : Hasto Atmoko, Ganjar Pranowo
Pengawas : Yoga Atmaja, Basuki Rahmad, Iwan Dewantama
Ketua : Teguh Prasojo ( Gepenk)
Bendahara : Budi Suryanto Nurcahyono
Sekretaris : Arki Yudha Arsono
Sampai saat ini disepakati bahwa kedudukan koperasi ini berada di yogyakarta, dengan alamat sekretariat dianugrahkan kepada sang ketua yakni mas gepenk (Teguh Prasojo)

all crew

Rencana-rencana itu tidak akan terwujud jika hanya pengurus inti saja yang melakukan semuanya sendiri. Saat unit usaha telah terbentuk, akan dibentuk juga para pengelola dari tiap unit usaha dan ini memerlukan dukungan dan masukan dari semua anggota, karena disinilah kita akan berkarya. Jika rencana ini berjalan optimal, tidak mungkin semua dive spot yang dimiliki hanya dikelola oleh 2 orang instruktur jebolan unit selam ugm (red. Mas jeky dan mbak ika) dan siap-siap saja jika anda mendapat panggilan untuk menjadi instruktur, tentunya dengan biaya dari dive resort kita😀. Ini hanya salah satu bagian dari apa yang sempat terlintas dalam pemikiran tim program saat itu, bukan hal mustahil nantinya bisa ada unit-unit usaha lain yang lebih kreatif dalam perjalanannya.

Perlu diingat bahwa hasil ini merupakan awalan, dan tidak menutup kemungkinan ide ide kreatif dari anggota lainnya bisa menambah keragaman dari koperasi penyelam indonesia

Terimakasih, Salam Bahari
Typed by Arki Yudha Arsono


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories