Posted by: selamugm | Sunday, 30 January 2011

TEMU ALUMNI UNIT SELAM UGM

TEMU ALUMNI UNIT SELAM UGM

“MEMBANGUN PENGELOLAAN PESISIR MASA DEPAN INDONESIA”

29-30 JANUARI 2011

“Minggu sore 30 januari sekitar pukul 15.30 WIB acara ini ditutup oleh mas Yoga (Diklat I) dengan banyak rancangan program visioner pengelolaan potensi wisata selam dalam sebuah wadah berupa Koperasi Penyelam Indonesia dan direncanakan ‘ntuk dirembuk secara konkrit legitimate nantinya pada tanggal 12-13 Maret 2011 dengan mengundang sekitar 200an partisipan keluarga besar unit Selam UGM yang telah beregenerasi selama 25 tahun terakhir…”

temu unyil UGM, Gelanggang Mahasiswa UGM

Separagraf di atas itulah rencana kegiatan lanjut dari diadakannya pertemuan antar alumni selama 2 hari ini, mencoba merancang suatu wadah agar selepas organisasi para alumni tetap eksis dalam bidang penyelaman,  salah satunya adalah punya sebuah resort selam unyil yang merakyat.

Berawal dari obrolan para alumni di gelanggang antara mas Yoga diklat I, mas Hasto pra diklat, mas Gepeng diklat I dan mas Jecky diklat I yang melihat bahwa unit selam UGM dalam perjalanannya merupakan organisasi selam yang menelorkan banyak penyelam tetapi disatu sisi tidak mengalami perkembangan organisasi diluar UGM, seperti halnya sampai sekarang alat selam hanya itu-itu saja, kompresor hanya yang dulu aja, kegiatan hanya jalan-jalan dan sampai sekarang tak punya tempat yang dikelola potensi wisatanya, padahal dari segi sumber daya maupun jaringan dari 250 anggota alumni bisa dibilang potensial sekali bisa berkarya bagi dunia bahari Indonesia. Ditetapkanlah tanggal  29-30 januari kita membincangkan dan menggodok berbagai konsep harus diapakan potensi tersebut, yaitu Indonesia yang katanya punya lokasi penyelaman dari sabang sampai merauke hanya dimonopoli pihak asing seperti halnya kata mas Basuki Rahmat “dari data suatu lembaga yaitu lebih dari 90% dive resort di bunaken adalah milik asing dan hasilnya dari dan untuk mereka”, mau dibawa kemana bung muka para anak bangsa ini yang gusar melihat di negerinya sendiri saja dijajah potensi wisata selamnya tanpa bisa menikmati sepeser uang atau bebas berenang menyelam di negerinya sendiri. Itulah alasan kenapa kita harus berbuat.., mengolah potensi dari pesisir seperti halnya yang tiap tahun kita kunjungi adalah Karimunjawa, disana kita bisa berbuat dengan membuat konsep resort dengan kepemilikan berbagi dengan rakyat,,toh kita diuntungkan bisa tiap akhir pekan bisa liburan seperti di rumah sendiri, disatu sisi masyarakat terbantu mengelola suatu daerah sebagai tujuan wisata karena mereka merasa memiliki. Itu sedikit bentuk usaha yang nantinya masuk ke dalam draft rancangan pertemuan keluarga besar unit Selam pada bulan maret, ya nanti semua hal tersebut akan dirancangkan dalam sebuah wadah kooperatif yang namanya koperasi. Merupakan wadah dengan pendanaan bersumber dari para alumni untuk kesejateraan anggotanya dan secara luas untuk kesejahteraan masyarakat sesuai nilai histori Universitas Gadjah Mada yang merakyat di nusantara.

Hari pertama temu ini diawali dengan presentasi dari Fahmi selaku ketua Unit Selam UGM untuk memaparkan perjalanan Unit Selam beberapa tahun belakangan, ya rutinitas seperti Diklat, LPT serta beberapa penelitian ekspedisi yang telah dan akan dijalani. Presentasi kedua oleh mas Basuki Rahmad selaku senior dari selam yang saat ini masih menekuni bidang penyelaman di Kalimantan Timur. Kegiatan ini selanjutnya sebagian besar dimoderatori oleh mas Yoga, dimulai dari perkenalan semua peserta yang hadir serta penyusunan konsep wadah kegiatan alumni tersebut. FGD (Focus Group Discussion) dalam 2 kelompok besar merancangkan latar belakang kenapa wadah tersebut harus dibuat dan merancangkan kegiatan seperti apa yang bisa dilakukan keluarga besar Unit Selam melihat potensi dan peluang di bidang wisata selam Indonesia. Setelah melalui pemaparan presentasi dan kritisi maka dibuat draft latar belakang dan kerangka program yang harapannya dapat mendapat apresiasi dan partipasi dari para alumni nanti pada bulan maret. Rehat untuk minum teh, kopi atau sekedar menghisap rokok dilakukan saat jeda siang di kantin kopma sambil bertukar pengalaman dan bercerita tentang unit selamnya kita sudah seperti apakah 20 tahun ini, tanya para alumni..

presentasi

inilah presentasi hari itu, 29 januari 2011

FGD

FGD memuat latar belakang

FGD rumusan kegiatan

rehat di kantin gelanggang

Sore hari itu sampai sekitar pukul 3 sore terus dirancang kerangka berpikir maupun konsep Koperasi Penyelam Indonesia..

Pagi minggu sekitar pukul 11.oo baru dimulai lagi lanjutan temu tersebut walau hanya sekitar 10 orang yang hadir seperti Mbak Ika Risti dan tetap Mas Yoga dan Mas Uki yang tetap bersemangat memulai acara tersebut dan tetap berjalan. Olah konsep dan draft tersebut sangat ideal hasilnya dengan tema “membangun pesisir masa depan Indonesia” oleh keluarga besar unit selam UGM. Akhirnya final juga draft yang terancang lewat temu alumni 2 harian ini untuk dimusyawarahkan 2 bulan yang akan datang pada Temu Keluarga Unit Selam UGM dengan tema “Rapat Pembentukan Koperasi Penyelam Indonesia” pada tanggal 12 – 13 Maret 2011, untuk itu akan diundang secara resmi keluarga besar unit selam UGM berdasar data marabunta kita, dan mengenai hasil DRAFT dari kegiatan 2 hari ini untuk Rencana Pembentukan Koperasi Penyelam Indonesia akan di unggah dan disebar dalam forum milist Unit Selam UGM agar dapat dipelajari dalam rangka pembentukan “Koperasi Penyelam Indonesia” nantinya..

demi nusantara dan potensinya bagi kesejahteraan anak bangsa

Terimakasih dan salam hangat..

Reportase : Pepen 16(fenkywirada)

Nb : info  kontak : Unit Selam UGM


Responses

  1. mohon aku dikirim file data ‘marabunta’ (buku induk unit selam UGM) dari angkatan Pra Diklat , Diklat 1 hingga Diklat 9, kirim ke inbox FB aja.
    terima kasih !
    Sugeng Jabrik Triyono
    Angkatan 1 , jabriksar@gmail.com, 081578501311

    • sudahaq kirim mas lewat email

    • Brik mau gabung biar ga ketinggalan bra

    • Brik mau gabung biar ga ketinggalan berita


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories