Posted by: selamugm | Thursday, 17 December 2009

takAbONERAtE

Takabonerate Island Expedition

Taman Nasional Takabonerate merupakan sebuah taman laut yang terletak di kepulauan selayar, sulawesi selatan. Sebagai salah satu tujuan wisata, kepulauan ini mengusung keindahan potensi baharinya. Benar saja, hal itu dikarenakan Taman Nasional Takabonerate memiliki karang atol terbesar ketiga di dunia setelah Kwajifein di Kepulauan Marshal dan Suvadiva di Kepulauan Moldiva. Luas atol tersebut sekitar 220.000 hektar, dengan terumbu karang yang tersebar datar seluas 500 km². Dengan potensi yang dimilikinya menjadikan pemerintah daerah setempat ingin menjadikan pulau takabonerate sebagai salah satu tujuan wisata unggulan Sulawesi Selatan.

Untuk mempromosikan kepulauan selayar tersebut, pemerintah daerah setempat mengadakan promosi potensi wisata bahari, bertajuk takabonerate island expedition 2009. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 23-25 Oktober dengan fokus promosi potensi bahari kepulauan selayar. Takabonerate Islands Expedition 2009 ini dibagi dalam 2 event, yakni marine event dan underwater exhibition. Marine event berupa International Fishing Competition, yakni lomba memancing untuk memperebutkan uang tunai senilai Rp 200 juta dan 2 unit mobil. Underwater exhibition berupa kegiatan diving dan snorkling. Kemudian pleasure atau jelajah pulau yang dilakukan di atas kapal TNI AL yang dibuat sebagai hotel terapung. Lalu culture event dalam bentuk Festival Budaya Konjo, aktraksi musik dan tari tradisional. Adapun kegiatan pendukung antara lain bakti sosial kesehatan berupa pengobatan gratis dan bakti lingkungan berupa penanaman mangrove.

Acara tersebut difasilitasi oleh angkatan laut Indonesia, dengan diturunkannya kapal Republik Indonesia (KRI) Makassar. Dalam marine events, ratusan peserta diikutkan dalam ekspedisi tersebut, terdiri dari 220 penyelam dari 14 klub di Indonesia, 114 divers Sulsel, dan lainnya berasal dari provinsi DKI Jakarta, Jogjakarta, serta Surabaya. Mereka akan dipandu 34 diving master dan rescue diver yang akan menjadi guide bagi peserta penyelam di bawah laut. Lomba Mancing Internasional yang juga menjadi salah satu kegiatan dalam kegiatan ini diikuti sebanyak 170 tim

Keikutsertaan UNYIL melalui forum komulikasi penyelam mahasiswa (FOPMI)

Unit Selam UGM juga tidak ketinggalan untuk mengikuti kegiatan tersebut. Sebagai perwakilan UGM dalam FOPMI, unit selam UGM menyertakan tiga anggotanya untuk ikut ambil bagaian dalam acara tersebut. Selain itu, TIE ini juga dijadikan sebagai event resmi pertama FOPMI semenjak organisasi ini dibentuk pada saat Sail Bunaken. Terhitung 29 mahasiswa dari 7 club selam universitas ikut ambil bagian dalam acara tersebut. Semua peserta FOPMI berangkat dari Surabaya menggunakan KRI Makasar.

Berada dibawah langsung komandan TNI AL Surabaya, menjadikan FOPMI mendapatkan tempat untuk mengikuti semua kegiatan penyelaman yang mengikutsertakan TNI AL. Kegiatan TIE ini digunakan oleh FOPMI untuk semakin mengakrabkan dan saling mengenalkan anggota FOMPI  yang bersal dari berbagai universitas. Kedepan, organisai ini menargetkan agar FOPMI dapat menfasilitasi dan mengeratkan semua penyelam mahasiswa dari berbagai tempat di Indonesia. Dengan harapan agar semua penyelam mahasiwa dapat semakin terkoordinasi dan mampu bekerjasama untuk ikut ambil bagian dalam penyelamatan lingkungan bawah laut. Dalam acara TIE tersebut, penyelam FOPMI mendapat akses untuk mengikuti seminar promosi potensi wisata dan dua kali kegiatan penyelaman di pulau utara selayar dan pulau takabonerate. Esensi dari kegiatan takabonerate island expedition ini memang murni berupa promosi pariwisata daerah, Kabupaten selayar berupaya mengundang barbagai wisatawan dan media, untuk dapat mencicipi keindahan kepulauan selayar tersebut.

kebersamaan anak2 semua

oleh :

ardhy ketua unit a.k.a delegasi takabonerate


Responses

  1. salam buat semua teman FOPMi iaah….


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories