Posted by: selamugm | Friday, 13 November 2009

SAIL BUNAKEN

From Jogja Go to Sail Bunaken (tim Sail Bunaken Unit Selam UGM)

 ikan nemo...

Yogya, 6 Agustus 2009 (pkl 18.00)

Sore itu, di Lanal Yogya nampak sibuk oleh beberapa orang yang berkegiatan tidak seperti biasanya. Disini kelompok tim Sail Bunaken 2009 dari Jogja khsusunya dari Unit Selam UGM yang beranggotakan Arga, Lely, Rijal, Poppy, Manda, Hafizd berkumpul untuk keberangkatan bersama menuju Surabaya. Tim Unyil sudah kumpul jam 18.30 (Sengaja telat dari 17.30) ehh ternyata masih banyak yang belum datang. Dasar jam sipil. Semua tim Jogja berkumpul, tepat pukul 20.00 WIB truck yang membawa kami berangkat menuju Surabaya namun sebelum itu truck mengambil kasur terlebih dahulu untuk peserta. Jadi alhasil serasa kamar kost berjalan dan bergoyang, dan parahnya seperti kamar kost yang kena gempa (ehh gmn kabar gempa tasik Malaya). Truck melaju dengan kencangnya membelah sepanjang jalan dari Yogya – Surabaya. Tanpa disadari jam menunjukan pukul 22.00 WIB, rasa lapar mulai menghampiri peserta yang berada didalam truck. Perih dan sakit rasanya, dan kita melapor ke komandan, “iYa sejam lagi kita makan”.  Namun, makan malam yang diharap tak kunjung datang hingga asam lambung pada teriak huks huks. Perih sakit dibawa tidur dengan lapar masih menghantui kami semua. Ealah baru ukul 02.00 truck berhenti di rumah makan sekitar Sidoarjo (kayaknya sih). Tanpa banyak cakap personil tim jogja segera memesan makan malam yang sudah tertunda lama, makaaannnnn (uhh kangen rawon Surabaya)…. Perjalanan pun dilanjutkan menuju Surabaya.

 

Surabaya, 7 agustus 2009

Pukul menunjukan 06.00 saat tim Jogja memasuki kawasan Lantamal V Surabaya, yang telah disambut tim Jogja lainnya yang telah terlebih dahulu tiba ditujuan. Setelah seluruh tim Jogja berbenah diri (mandi, charge hp, istirahat bentar) kegiatan dilanjutkan sarapan pagi sebelum menuju ke pelabuhan. Perjalanan menuju pelabuhan hanya beberapa menit dari Lantamal. Sesempainya di pelabuhan ternyata tim dari daerah lain sudah tiba terlebih dahulu. Mata terbelahak kaget (ndeso) melihat keindahan pelabuhan tanjung priok. Wow langsung kamera yang berkapasitas 2 Giga di pakai habis habisan di tempat ini (belum mempertimbangkan lokasi yang lain). Loading barang di lakukan dengan gotong royong, Pembagian kamar bagi peserta pria dan wanita telah diberitahukan sesaat setelah kami tiba ditempat tujuan. Alhamdullilah kami team jogja dapat kamar masalahnya team possi dari Surabaya tidak mendapat kamar, hehe. Selama menunggu giliran waktu untuk embarkasi barang, rombongan Jogja berfoto dengan patung Yos Sudarso sebagai latar. Tidak lupa juga jembatan Suramadu nan jauh di sana sebagai latar para model. Tepat pukul 16.00 WIB kapal KRI Surabaya 591 meninggalkan Tanjung Priok, yang sebelumnya telah dilakukan upacara pelepasan (panas..panass..). Kapal berjalan dengan pelan meninggalkan pelabuhan, sedangkan peserta masih sibuk dengan profesi baru mereka yaitu menjadi model dadakan. Kegiatan selanjutnya adalah mencari signal hand phone sebelum posisi kapal terlalu jauh dengan pulau Madura (kalo dah jauuh, ga dapat signal gitu, tar susah hubungi keluarga). Matahari mulai istarahat keparaduannya, dan malam pun datang diiringi dengan bintang-bintang yang bertaburan dilangit. Namun, suasana kapal mulai riuh dengan kegiatannya yaitu makan malam yang penuh duka bagi kontingen Jogja. Kisah duka berawal dari tempat makan yang berbeda bagi peserta pria dan wanita. Bagi peserta wanita, kami semua harus makan di lounge room perwira dengan pakaian rapi berkemeja dan menggunakan sepatu (What???). Dengan situasi makan malam yang begitu resmi bagi kami warga sipil yang tidak terbiasa makan seperti itu. Semua hidangan sudah tersedia di meja kami hanya tinggal mengambil dan hap makan dimulai dengan dipimpin doa oleh komandan kapal KRI 591 (ting). Sedangkan makan malam bagi peserta pria terlihat seperti korban bencana yang mendapat ransom makan dari dapur pasukan. Nasi+lauk dalam satu tempat (baskom gitulah) kemudian sayur diambil dengan ember untuk setiap kontingennya. Malam yang mengharukan bagi warga sipil untuk makan malam pertamanya (padahal setiap makan kegiatan seperti itu akan terus terulang). Saat waktu menunjukkan pukul 22.00 WIB, terdengar “Ruangan-ruangan..waktu istirahat tiba, matikan semua lampu yang tidak digunakan” dan zzzzzzzzzzzzzzz…………. Tidur malampun tiba, good night…..

 Lautan lepas, 8 Agustus 2009

“Ruangan-ruangan…waktu istirahat selesai” kegiatan keseharian dikapal berjalan seperti biasa tanpa ada kegiatan yang pasti.. paling temen-temen hanya menghabiskan waktu dengan berjemur, ngobrol-ngobrol di helipet… Malam pun tiba, sehabis sholat Isya’ da acara penyambutan diKRI 591, lumayan menghibur  untk mereka pasukan AL.. Ya Cuma nyanyi2 gitu, tiba tiba ada pertunjukan tari dari peneri Banyuwangi (kamarnya sebelahan ma kamar cewek kontingen Jogja). Malam semakin larut, namun suasana dihelipet semakin meriah, tapi tidak bagi kami (lha udah ngantuk…hehehehehe…….).

Hah, lelah telah menggerayangi kami… zzzzzzzzzzzzz tidur malam, good night!!!

Makasar, 9 Agustus 2009

”Ruangan-ruangan, kapal akan segera merapat dipelabuhan Makasar, bagi peserta Sail Bunaken dilarang meninggalkan kapal”(Apa??? Nyampe Makasar g diijinkan turun??? Tak adil!!!)

Dengan berat hati, melihat kontingen Makasar berdatangan silih berganti dari atas kapal… Butuh waktu yang tak singkat untuk menunggu kontingen hingga naek dikapal KRI 591 (hampir 7 jam lho?sui sui sui, tp g blh trun) Kegiatan yang membosankan, akhirnya tim UGM melakukan sosialisasi dengan tim selam yang laen (dari berbagai daerah) sembari tukar cerita dan jualan makanan + stiker (berharap laku keras!!). Malam hari, ada pesta penyambutan juga untuk kontingen Makasar (ya sama kayak kita dulu)

Lautan lepas, 10 Agustus 2009

Perjalanan tanpa kegiatan yang berarti lagi, dan terdengar ”Ruangan –ruangan, bagi peserta Sail Bunaken diharapkan selalu melakukan olah raga. Karena telah banyak peserta lain yang mulai terkena penyakit. Ada sekitar 200 orang yang telah mengeluh mengenai kesehatan” ”Ruangan-ruangan,diijinkan membuka jendela kedap untuk sirkulasi udara dikamar, hanya 15menit” (padahal kalo dikamar cewek, tanpa disuruh bukapun kami selalu buka jendela kedap kok!!)

Lautan lepas,11 Agustus 2009

Hari-hari dikapal yang hampir separti biasanya, tapi hari ini untungnya ada pertunjukan dari tim AL. Kegiatan pertama, antisipasi apabila terjadi kebakaran dikapal. ”Semua orang yang berada dikapal diharapkan segera menggunakan life jacket dan keluar dari ruangan. Cari ruangan yang terbuka”

Kegiatan kedua, antisipasi terhadap korban yang jatuh dilaut. Kami semua melihat bagaimana cara pasukan saat menolong korban jatuh, dimulai dari penurunan perahu karet kemudian dengan gagah beraninya pasukan tersebut mengemudikan perahu karet menuju sang korban (pake boneka beruang kok, g perlu khawatir). Lalu korban diselamatkan dari laut, kemudian korban mendapat pertolongan pertama sebelum dibawa menuju kapal induk.

Kegiatan ketiga, ada pertunjukan pendaratan helikopter (waaauuuuu keren???) Dihelipet telah disediakan sejenis alas untuk helikoptrr mendarat, kemudian pagar dipinggiran helipet semuanya diturunkan. Para rescuer sudah bersiap-siap disekitar tempat pendaratan heli, tak lupa disedaikan pemadam kebakaran juga.. Tapi apa yang terjadi?? Semua itu hanya simulasi, dan kita semua berharap bakalan ada helikopter beneran yang mau mendarat. Ternyata helikopterny Cuma puru-pura (ada bapak-bapak gitu yang berperan jadi helikopeter).

Kegiatan keempat, tiba-tiba kapal berhenti dan terdengar suara dorr,dorr,dorr,dorr.. ternyata ada simulasi penembakan jarak jauh terhadap target yang telah dijatuhkan jauh ditengah laut. Waaaaaaaaaa kalo yang ini keren bener, tidak mengecewakan..

Bitung mulai terlihat, 12 Agustus 2009

Hari yang menyenangkan, ada jadwal pesiar….namun sebelum pesiar, seluruh pesrta diwajibakn untuk periksa kesehatan. Bagi mereka yang tidak memiliki kartu kuning (bukti bahwa kita sehat) dilarang pesiar, akhirnya terjadilah antrian panjang di deck G (Deck kamar mas Sigit tu).

Selama tiba di Bitung, banyak kapal-kapal yang telah tiba terlebih dahulu (tiap ada kapal lewat kita diminta untuk hormat). Tiba-tiba terdengar suara riuh sekali, ternyata kapal Dewaruci lewat, para personil yang berada dikapal tersebut memperlihatkan pertunjukan.

Selanjutnya, sebelum pesiar bagi seluruh peserta diharapkan menurunkan semua alat-alat yang digunakan saat penyelaman kedarat. Karena, semua alat tersbut akan dibawa terlebih dahulu keposko ( poskonya di Malalayang), untuk tabung akan diisi terlebih dahulu diposko. Hari ini jadwal pesiar mulai dari jam 13.00-19.00 (horeeeee), kesempatan yang tidak akan disia-siakan oleh seluruh peserta. Ada yang hanya sekedar jalan-jalan, isi logistik pribadi dan kamar, cuci mata, melepas penat selama dikapal. Perjalanan tim UGM dimulai dari berkunjung ke kapal perang milik Thailand, hanya sekedar foto-foto (buat pamer aja, pasang di facebook gitu), mendengarkan penjelaskan dan membandingkan dengan kapal yang kami naiki. Perjalanan dilanjutkan keluar dari pelabuhan Bitung, cari makanan yang lain (lha bosen ma makanan dikapal). Malam pun tiba, tak lupa cek kelengkapan personil tiap kontingen.

Bitung ke Manado, 13 Agustus 2009

Pagi yang cerah diBitung, akhirnya perjalanan dilanjutkan menuju keManado (jika lewat darat hanya sekitar 1,5jam tapi klo lewat laut 5-7jam…nyengoh)

Sorenya setelah tiba diManado (lebih tepatnya pantai Malalayang) KRI mengeluarkan  2 LCU nya dari kapal induk (jgn tnya kpnjangan LCU?? Meneketehe??)

malam tanpa ada kegiatan yang pasti, kapal hanya lempar jangkar ditengah laut dg pemandangan lampu2 kota Manado…jleep asem

 Manado, 14 Agustus 2009

Pagi yang menyenangkan, karena kapal terasa tenang (maksude??) Hari ini akan ada briefing untuk kegiatan 3hari kedepan. Briefing dilaksanakan di Manado Convention Center (MCC), perjalanan menuju MCC ditempuh dengan LCU, menepi di dermaga oikano. Kemudian perlananan jalur darat menuju MCC, jarak yang tak jelas (yang pasti panas banget, kalau kata kami para pejalan kaki kami semua serasa ikut maraton siang harii). Ternyata telah banyak peserta yang sudah sampai MCC terlebih dahulu, sebenernya ruangan ber-AC namun karena terlalu banyaknya peserta AC kurang mendominan diruangan tersebut. Selesai briefing, tak lupa foto-foto dulu dengan ketua panitia Sail Bunaken (lupa namanya, tapi yang pasti kakaknya Ruhut Sitompul). Rencana selanjutnya jalan-jalan diManado, tapi pas diluar MCC ketemu ma Prita Laura (pembawa acara di Metro Tv) ya ga bakalan lupa donk ma kebiasaan kita semua?? Foto-foto dulu, walaupun suasana diluar MCC panas banget. ”Komandan, jadi makan dimana?”(pertanyaan basa-basi). Akhirnya semua kontingen Jogja makan diKFC (ga tau ya ada yang ketinggalan ato g?), lumayanlah makan gratis. Selepas makan seharusnya langsung kembali kekapal, tapi masih ada jam bebas sampai 17.30.

Sebelum jalan-jalan, bagi2 kaos, topi, dan co card. Lanjut jalan-jalan, karena waktu cuma tinggal bentar kami hanya main disekitar dermaga oikano (blanja diMall, diManado banyak bgt Mall)

Manado, 15-8-09

Pagi yang tak seperti biasanya, sebelum j5.00 kamar 13F sudah ada hiruk pikuk (hehehehe). Kami semua siap-siap barang pribadi yang mau dibawa turun kedarat, tapi sebelumnya dah ganti baju renang dulu. Semua dah siap?? Makan pagi dulu, biar tar g sakit. Setelah semua siap para pesrta diminta kumpul diLCU, jangan lupa bawa alat-lat yang akan digunakan untuk menyelam hari ini (buanyaak banget alatnya), dari LCU kami lanjut dengan kapal karet yang sudah menunggu ditengah pantai. Sesampainya didarat kami lanjut menuju posko kontingen Jogja, kaget setengah mati ternyata posko Jogja ada diatas jauh dari jalan masuk tadi… Semua mulai mempersiapkan alat yang mau digunakan nantinya (setting gitu lah), jangan lupa streching dulu tar kram. Lalu kami turun di Dive Point Darat,jauuuhh banget berat bawanya (huuuuaaa tak sanguup). Sebelum penyelaman, kami semua diabsen oleh tim mawar(orang yang bertanggung jawab terhadap kelompoknya) namanya Mbak rina. Kegiatan gladi mulai pkul 11.00, kebayangkan dijeemur siang hari?untungnya hari ini mendung (lumayanlahhh).

Kgtan gladi resik, menyelam selama 30menit tanpa ada kegiatan yang pasti pass dibawah.

 Manado, 16-8-09

Kegiatan pagi yang sama dengan hari sebelumnya, tapi hari ini kita mau pecahkan rekor dunia dengan  kategori selam massal. Untungya ada kegiatan pas nyelamnya (ga nganggur lagi kayak kemarin) masker clearing & regolator recoery 2 gaya.

 Manado, 17-8-09

Kegiatan pagi sepertti kemarin, kalau hari ini pemecahan rekor untuk kategori upacara under water (waaaaaaa  jadi ga sabar)

Ternyata hari ian air laut surut, bnyak tangan dan kaki yang tergores karang… huuuuuuuuaaaaaaaaaa,, sakit pak!! Upacara yang menyakitkan..

Malam harinya ada kegiatan  makan malam ke blue banter  naek kapl karet terlebih dahulu kemllyang. Pyar,,, wes adus! kena air laut (ga kebayang dunk kulit jadi lengket-lengket gitu??)perjalanan ke Blue Banter dilanjutkan dengan  naek trans kawanua yang berjubel, panas, sesak, sial bju basah karena air laut dan kringat

Sesampainya disana ada peragaan dari finali Miss Ocean, huuuuaaaa seksi-seksi banget. Tujuan utama dalah makan malam,, tapi kok belum dapat kupon yo?? Akhh mbak Rina datang telat, jadi makan malamnya agak telat deh!! Jam 21.00 harusnya dah pulang, tapi dah ga ada trans Kawanua , yahh naek angkot deh. Bayar angkotnya murah lho, Cuma Rp2000., kalau nyampe terminal tapi karena posko jaraknya agak jauh dari terminal jadi ada biaya tambahan.

 Manado, 18-8-09

Jadwal pesiar j8.00-17.00 èBATAL, pdhal rencana pd mw ke bunaken. Hahahahahaha mreka yang gagal, aku seh enggk

Jlan2 ke manado souvenir blanj2, mkn siang didarat, pulang posko(mllyang)

Mkn mlam diposko èpisang kipas+teh anget (dibayari hapiss)

Nginep poskko, ditemani lolongan anjing

Malalayang ke Bitung, 19-8-09

Pagi2 j8.00 naek bus alat mnju bitung, perjalanan yang menyiksa

Sampai pelabhan, antri kontingen yang naikan barang. Tapi masalahnya adalah, peserta yang berada dibawah tdk bolh menaikan barang sehingga harus menunggu peserta dari atas turun kebwah untk mengangkut barang keatas… habis manis sepah dibuang!!!!

Pdhal di malalayang sedang ada yatch rally,haaah g bisa liat

Sore masih da pesiar mpe jam 21.00

Tolak dari Bitung, 20-8-09

Kpl tolak dr Bitung j22.00

Ombak mulai berasa tak bersahabat (kapal oleng kapten)

Malam da teror dari dewa neptunus, lampu dimatikan terdengar suara tak jelas

Laut banda, 21-8-09

’’Ruangan-ruangan… waktu istirahat selesai. Saat ini kapal sedang berlayar dilaut banda, cuaca diluar cerah,ombak 3m, daratan terdekat 56mil” (Crottt,g da signal, kapal goyang2, tidurpun tak nyenyak!!!!)

Mandi khatulistiwa, smua peserta baik co/ce diminta turun kehelipet dengan pakaian terburuknya(WHAT?? Mana bawa Pak??) peserta ce berada diposisi depan lnjt blkgnya pesrta co.. smua dah kmpul? Soooorrrrr, air laut+oli mulai diguyur keselurh tubh peserta (pdhal cuaca pgi itu dingiiin bgt, setan tu AL) dah basah air oli, eeee diminta untuk minum ramuan ala AL(g jlas itu apa?yg  pst wrna kuning, entahlah siapa yang minum dri tim UGM??) untk ce da selang air bilas, enth yg co?? Hbis diguyr diksh slamt ma kmandan kapal, plus sertifikat mandi khtulistiwa tp blum da namanya (hahahahahaaa mas Sigit jg kasih selamat lho)

Mandiiiiii,…lg asyik2ny antri kamar mandi, tiba-tiba ”Ruangan-ruangan air akan segera mati dalam waktu 15menit”. Kereeeeeeee!!! (kisah antri dkamar mandi ce, enth yng co??)

Berhubung kedinginan, tim UGM yg ce lgsg kmbli ke t4 tdur masing2 dg slimut yg lbh tebal dan AC dimatikan(dingiiiin banget) waktu truz berjalan, siang hari ombak semakin tak bersahabat bnyak yang hueeek (termasuk lely,hahahahaha). Diruang makan perwira garpu+sendok yang tersususn rapi di meja pun ikut bergoyang bersama ombak dilaut Banda (prang,prang,prang,,,mas Andi berlarian untuk mengambil) sore2 jlan2 diatas lumayanlah bisa ngilangin rasa mual (apalagi ketemu ma temen yang diharapkan, lebih menyenangkan)

Shalat maghrib berjamaah (klo kata hafiz sholatnya rock and roll). ”Ruangan-ruangan, kapal akan pindah haluan” syukur ombak mulai berasa lebih bersahabat saat akan sholat tarawih (coba g pindah haluan?kebayang donk sholat terawih dengan ombak yang super dahsyat gitu???bakalan banyak kepala yang benjot)

Laut Banda mnju Makasar, 22-8-09

Sahur pertama dikapal coy, jauh dari keluarga (hikshiks akhhh kangen suasana ramadhan didarat) wallah berlebihan banget. Rencana kapal nyampe makasar sekitar jam 20.00 WITA (akkhh senangnya ada harapan untuk main didarat), tapi setelah sholat subuh tidurr lagi (kayak lagu Alm. Mbah Surip). Puasa pertama dikapal, ga ada kegiatan yang pasti, untungnya teman dari Arkeo punya monopoli bisa tu buat mainan?( tapi yang main cuma Arga, Popi, dan Agung adeknya Arga selama dikapal) yang lainnya mendingan tidur atau jalan-jalan ke haluan (cari ’mangsa’.. siapa ya???) Tema sore hari ini, ngabuburit dikapal dan sore perpisahan dengan kontingen Makasar (kalau sesuai jadwal). Buka puasa pertama, tanpa ada pengalaman (buat lely, dia lupa beli minum buat buka) untungnya diruang makan sudah disiapkan kolak dan buah (tanpa ada maksud pamer lho), lanjut sholat maghrib. Nunggu sholat terawih, makan malam dulu. Selesai sholat terawih ada pesta perpisahan untuk kontingen Makasar (hahahahaha mereka ga jadi turun malam ini, oooohhhh senangnya???). Malam makin larut, tapi suasana dihelipet semakin riuh gemuruh (banyak yang menghabiskan waktu bersama teman yang mau duluan turun, hiks hiks… lho?)

Makasar, 23-8-09

Sahur dan sholat subuh seperti biasa tanpa ada yang spesial, ada beberapa yang melanjutkan tidur lagi. Pagi-pagi j07.00 WITA kontingen Makasar semuanya turun meninggalkan kapal 591 (ehhmmm hiks hiks), tapi bagi peserta yang lain dilakukan apel kelengkapan anggota sebelum pesiar (asssssyiiiikkk, akhirnya pesiar juga diMakasar).

 Jadwal pesiar hari ini mulai pukul 08.00-15.00 tak ada toleransi waktu (tapi kenyataannya?? Hahahahaha maklumlah orang sipil). Pesiar dimulai dengan mengunjungi Benteng Rotterdam, waaahhhh puasss foto-foto, lihat pemandangan disekeliling benteng. Tapi sebelum meninggalkan benteng, Guide selama pesiar sudah datang (luuumaayaaaan??). Pesiar dilanjutkan ke Pantai Losari (panaaasss), kegiatan biasa deh, foto-foto dengan latar belakan tulisan dan Pantai Losari…. Puas diPantai, lanjuuutttt beli souvenir. Tanpa rasa lelah (sapa yang ga capek?kayaknya Cuma ada satu orang deh??) kami semua memuaskan mata dengan lihat-lihat souvenir khas Makasar. Caaaaapppeeeeekk….. itulah kata yang tepat, tapi hati sukaaa. Pukul menunjukan j15.00 pulang2 kekapal, mandi terus lanjut apel kelengkapan anggota lagi (takutnya ada yang ketinggalan,kan kasihan). Kapal meninggalkan pelabuhan Makasar sekitar j17.00 lebih dikit (huuuuaaaaaaaaaaaaaaaaa….. sedih banget, selamat tinggal Makasar….huks huks huks) perjalanan yang menyedihkan dilanjtukan hingga Surabaya.

 Laut lepas menuju Jawa, 24-8-09

Kegiatan puasa (puasa terakhir dikpal lho, hooorrreee) yang seperti biasa, tanpa ada sesuatu yang spesial. Paling Cuma pada lihat-lihat film aja, tapi ada beberapa teman yang menghabiskan waktu dengan ngobrol dengan teman yang lain. Tapi saat waktu menunjukkan pukul 16.05 tiba-tiba ”Ruangan-ruangan akan ada penyamaan waktu Indonesia barat, saat saya mengatakan tepat maka waktu menunjukkan pukul 15.06 WIB,20 detik lagi…10..9…8…7..6..5..4..3..2..1..TEPAT pukul 15.06 WIB” (What??? Waktu mundur satu jam??puasanya nambah satu jam!!! Asoy gitu?) Akkkhhhhh, ga kebayangkan?rencana teman-teman ngabuburit nunggu buka jadi mundur 3jam lagi?? Hahahahaahahahaaha………………

Malam harinya, setelah sholat tarawih diadakan lagi malam perpisahan untuk semua kontingen rayon Surabaya, eeeeeeehhhhmmmmmmmmmm jadi terharu nie (untungnya dah deket Madura, jadi ada signal untuk hubungi keluarga sedikit mengurangi kesedihan). Pembukaan diawali dengan lagu-lagu yang slow but sure makin malam makin menggila semua (padahal tar masih sahur lho??). Yang pasti malam terakhir diKRI Surabaya 591 (puas-puasin lah ya??)

 Surabaya, 25-8-09

Saahur, sholat subuh, mandi terakhir diKRI Surabaya 591 (hhuuuuuaaaa aku terharu bgt pas nuliss). Sekitar pukul 9.00 kapal telah merapat di pelabuhan tanjung Priok (Jawaaa… I’m cominggg) tapi sayangnya kapal tidak diijinkan untuk langsung embarkasi barang,karena dibawah sedang ada upacara serah terima jabatan (ga ngerti aku??). Yaahh, nunggu donk?(males bangett) tapi ada beberapa teman yang berkegiatan (tiddur, telpon keluarga, pamitan ma temen yang lain, atuapun hanya sebatas ngobrol singkat). Sekitar j11.00 semua kontingen diijinkan menurunkan barang2nya (hah?semua?), untuk prserta cewek hanya diminta untuk membawa tas (baik pribadi ataupun tas barang, tapi tidak dengan tabung). Setelah semua barang sampai dibawah dengan selamat tanpa ada yang terluka (maksudnya??), loading barang ke truck. Sebelum meninggalkan pelabuhan, semua berpamitan dengan teman yang lain (sumpah, ni bagian yang paling aku males tulis..  sedih banggeettt, habisnya target yang terakhir GATOT sihh).

Perjalananan pulang menuju daerah asal masing-masing dilanjutkan, untuk tim UGM pulang naeik truck lagi deh (puasa sambil goyang ngebor bareng truck,glondang glondang gitu deh). Perjalanan terasa lamaa, hingga akhirnya kita semua berhenti di Sragen untuk berbuka puasa (makan malam dipinggir jalan lauknya pecel lele). Perjalanan dilanjutkan kembali menuju Jogja, sekitar pukul 20.00 truck yang membawa tim UGM sampai dengan selamat di Lanal Jogja (huuuh syukurlaahh). Kemudian semua menurunkan barang2 milik UGM, lalu loading kemobil (assyiikk dijemput Manda). Perjalanan belum berakhir untuk tim UGM, setelah semua barang dan 6orang peserta dari Unyil masuk dalam satu mobil perjalanan pulang menuju gelanggan pun dilanjutkan (semua badan terlipat dan menyatu padu dengan barang,,terasa ga muat aja, tapi kok ya muat????). Sesampainya di Unit semua turunin barang dan huuuuhhhhh capek banget.. Semua tim Unyil berpisah di Gelanggang, dan Sayonaraa………

”Semua yang bertemu pasti akan berpisah, hanya kitalah yang menentukan, apakah kita siap untuk perpisahan itu”

Mengutip dari perkataan teman,”Di KRI Surabaya 591, aku mendapatkan arti penting mengenai hidup, persaudaraan, dan arti persahabatan”

 

 Terima Kasih Untuk Semua yang telah terjadi Di KRI Surabaya 591

 

Tim Sail Bunaken Unit Selam Universitas Gadjah Mada

 

by : Laily Faizah 17 IMG_6060


Responses

  1. haaa tampilan e elek….
    bentar ku edit dulu….
    sinyal nya jelexxx banget….

  2. UOKEEEEY…
    MAKASIH YA DAH DIBANTU SLAMA PERJALANAN..
    SUKSES SELALAU DAN
    KABAR2 KL ADA EVENT
    DON FORGET ME YOO HEHEHE


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories