Posted by: selamugm | Tuesday, 24 March 2009

Makin akrab di MaKrab 19 Unit Selam UGM

Pantai Ngandong, tepatnya barat pantai sundak malam sampai siang itu ramai bertabur orang-orang hitam hasil tempaan matahari, yang coba mengakrabkan diri di tengah suasana pantai dan laut. 21 – 22 maret 2009, makrab Unit Selam UGM dilaksanakan untuk teman-teman calon anggota Unyil angkatan 19 dengan koordinator Humas Unyil ”Erma 18”.

Ber'makrab' 19 Unit Selam UGM, pose kumpul tak teratur MaKrab 19 Unit Selam UGM, pose kumpul tak teratur

Sabtu sore b’rangkat,  2 jam perjalanan dari jogja ke selatan jadi rute pembuka untuk acara makrab setiap tahunnya. Penuh persiapan, ”alat makan, minum, es-be, tenda, lampu badai, terpal, hammock, telo, jagung dan tak lupa alat dasar selam” jadi barang bawaaan khas tiap mengadakan kegiatan ini. Hujan deras di sepanjang jalan pegunungan sewu tak menyulitkan 40-an peserta makrab sampai dengan selamat di tempat tujuan. Tiba dengan perut lapar dan kerongkongan dahaga, tiap-tiap diri segera menyantap nasi ikan plus sambel cabe ijo yang telah menunggu di atas meja, dan ternyata juga ada makanan penutup: agar2 merah bercampur selasih yang disiapkan swadaya oleh Citra Dewi 19, terasa mantap menutup sesi makan kali ini, ”trimakasih”.

Malam mulai larut, acara saling tanya ataupun menyatakan diri mulai jadi topik saat semua berkumpul. Arga 18 sebagai sie acara coba mengkoordinir semua peserta agar dapat tampil menunjukan jati dirinya masing-masing di ajang ini. ”Rangga, Fahmi, Citra Dewi, Mitha, Agus, Agung, Huda, Nessia, Juli, Ferzya, Sentit, Nizar dan Encus” yang malam itu hadir sebagai calon anggota Diklat 19, mulai cair terlarut bersama anggota lainnya di suasana makrab ini. Tak lupa banyak anggota lainpun turut serta memperkenalkan diri ”siapa, apa, bagaimana, dimana dan kapan mengenai diri ataupun romantismenya di Unyil”. Sampai akhirnya acara ini ditutup dinihari jam 1 pagi, ”selesaikah?” Dan oh, ternyata dalam acara saling nyata dan tanya kali ini ”Arga” lupa jatah Kang Jabrik untuk perkenalan. ”Sori mas Lali” terucap, dan kata maaf terus beruntai dari mulut Arga kepada Anggota kehormatan ini. Dan disambut Pisuhan dan kata-kata mutiara langsung dari mas JBX menyerang ”mental dan moral” si Acara, sampai akhirnya ternyata ada waktu di sela acara api unggun + bakar telo, Kang Jabrik dipersilahkan mulai memperkenalkan diri. Akhirnya, tiap2 orang yang ikut acara makrab ini telah berpartisipasi menuturkan sedikit cerita dari kehidupannya masing-masing,

api unggun ber'kalor terkerubung di tengah Forum

api unggun ber'kalor terkerubungi Forum

Acara bakar2an pun lanjut diiringi satu gitar akustik, satu marakas, plus banyak suara menghantar waktu sampai dinihari pukul 02.30 WIB. Setelah itu sebagian besar peserta makrab pun terlelap tidur beralaskan pasir, beratap langit dan bercahayakan bintang sambil ditunggu sebagian orang yang tetap terjaga ”tak tidur”dan berdisikusi, ”entah topik apa yang dibahas”, sampai akhirnya cahaya matahari pagi menerangi kehidupan di pantai itu.

Pagi di pantai tak kalah dengan suasana malam lalu,, terang  dan hangat ”Sang Timur” Matahari mengkondisikan semua peserta, bangun dan bersiap buat rutinitas tahunan untuk fin swimming di laut selatan yang tak lain adalah samudra. Makan jadi pembuka acara ketiga di pagi ini, ”tetap menu ikan bersambal cabe ijo” disantap lahap, setelah sebelumnya peserta dibrifing tentang kegiatan lanjutan dan tak lupa streching melemaskan otot dipimpin ”Doni dan Adit 18”.

tak kenal tua - muda, miskin - kaya wajib pelemasan sebelum olahraga

tak kenal tua - muda, miskin - kaya, wajib peregangan sebelum olahraga

duduk rapi berbaris 'ntuk santap padi, "Nasi,ikan, sambel lombok ijo" jadi tema makan tuk makrab 19 ini.

duduk rapi berbaris 'ntuk santap pagi, "Nasi,ikan, sambel lombok ijo" jadi tema makan tuk makrab kali ini "maknyuss".

Laut selatan yang tak pernah diam, bersiap untuk selalu jadi laut pertama yang direnangi sebagian besar calon anggota Unit Selam UGM direntetan acara makrab tiap tahunnya, boleh dibilang Ngandong adalah salah satu”Kampus Lapangannya” Unyil selain Pulau Tengah di Karimunjawa. Bersiap dengan pengalaman Diklat di Magelang, teman-teman calon anggota mulai masuk ke air laut ditemani sebagian anggota Unyil sebagai DM. Yang pasti ada pengalaman berbeda yang didapat dari kegiatan sama yang dilakukan calon anggota 19 di hari itu, praktek fin swimming di air berarus dan bergelombang tak menyurutkan nyali dan niat mereka untuk bisa ikut andil di acara laut kali ini. Ya, acara makrab ini selain untuk mengenalkan calon anggota kepada anggota ataupun sebaliknya, juga mengenalkan calon anggota kepada perairan laut Indonesia.

ngesot membelakangi laut, jadi pilihan entries di pantai Ngandong

Ngesot membelakangi laut, jadi pilihan entries di pantai Ngandong

Basah, senyum dan tetap ber-aksi di depan lensa

Basah, senyum dan tetap ber-aksi di tengah terik mentari

Tim darat pun yang bertugas mengawasi prosesi laut kali itu pun, tak pernah bosan memandang trus ke arah laut sambil menikmati pemandangan tropis ditemani obrolan khas unyil dan sedikit makanan. Semangka merah terkandung air tampaknya pas untuk menu setelah rutinitas asin di laut. Dhirga dengan omong jawa logat medan khasnya, coba berbuat bijak untuk membagikan semangka kepada semua peserta makrab yang baru dari laut, ”Ya, mudah2an semua kebagian dan merasakannya”.

base camp para penunggu darat lengkap dengan fasilitas minimalis "makan,minum"

Base camp para penunggu darat lengkap dengan fasilitas minimalis "makan,minum"

Usai berenang, dan semua pun memandikan dan merapikan alat kembali ke lokasi kamp, kemudian satu persatu mandi dan kembali dengan pakaian lantas pakainya masing-masing. Lanjut…, ternyata ada menu khas kali ini, Fanta + Susu + Es  (Sumbangan para proyektor Unyil di Congot) dimix dalam galon Aqua jadi menu segar siang ini (Thanks lagi). Siang dan panas, tapi para peserta tetap mengikuti sesi baru yaitu permainan yang dipimpin Yanuar, Poppy, dan Arga. Tertawa lepas dari tiap peserta riuh terdengar di tiap permainan, fair play dan pesan moral di tiap sesi pastinya selalu tetap ada di akhir permainan. Krupuk dan sebutir semangka ”seukuran helm standar” jadi hadiah kepada pemenang yang tak lain adalah seluruh peserta, karena berdasarkan perhitungan “tak valid” versi Juri yaitu semua peserta tak ada yang kalah.

inilah  sedikit gambar dari banyak cerita makrab 19 :

makrab sambil Plesir'''' di pantai..

makrab sambil Plesir'''' di pantai..

Hafizt 18, Pose Sigap tim Rescue

Hafizt 18, Pose Sigap tim Rescue, "aman Cuy"

Jalan rapih dengan kaki terikat "1,2**"

Jalan rapih dengan kaki terikat "1,2**"

Yanwar berduet dengan Poppy 16, belah semangka

Yanuar berduet dengan Poppy 'tuk berbagi semangka

"Agung, Nizar, Sentit, Rangga, Fahmi, Huda, Encus, Mitha, Juli, Annes, Zy, Citra Dewi" Sebagian Calon Anggota 19 Unit Selam UGM

'Agung, Nizar, Sentit, Rangga, Fahmi, Huda, Encus, Mitha, Juli, Nessia, Zy dan Citra' adalah 12 dari 19 Calon Anggota 19 Unit Selam UGM

Pukul 14.00 tepatnya di hari minggu, Rangkaian acara makrab yang ditutup dengan Doa, woiyoo dan foto bareng di Pantai Ngandong pasti banyak menorehkan pengalaman baru kepada calon anggota 19 tentang Unyil selama ini, dan”semoga mereka bisa jadi bagian utuh dari Unit Selam UGM saat waktunya nanti tiba”.

Terimakasih.

H+2 makrab,  oleh :

p1010261

Pepen 16


Responses

  1. suatu pengalaman yang seru buat anak2 unyil. tentunya juga buat para calon anggota unyil yang pertama kali merasakan manisnya air laut.
    hahaha…

    tetep semangat buat ngadepin LKK
    SMANGAT BUAT SMUANYA..

  2. wuiiiiih asyik tenan ya makrab e
    seru reportase mas PepenK e…

  3. Dan disambut Pisuhan dan kata-kata mutiara langsung dari mas JBX menyerang ”mental dan moral” si Acara, sampai akhirnya ternyata ada waktu di sela acara api unggun + bakar telo, Kang Jabrik dipersilahkan mulai memperkenalkan diri.

    sedikit koreksi ya Peng…
    saat itu aku sama sekali tidak misuh dan marah, aku justru hanya tersenyum dan geli sendiri dengan diriku, yang akhirnya aku juga bisa berkenalan dan teriak kepada laut selatan, karena ternyata yang paling jujur dan mau mendengarkan omongan ku hanya laut selatan dan pantainya yg berpasir putih.
    …dan mungkin ke’lupa’an Arga itu adalah cerminan dari sikap anak Unit Selam UGM saat ini.
    pun demikian aku juga tidak tersinggung dan marah, justru aku semakin sadar bahwa aku terlalu tua bin udzur untuk ikut kalian berpesta pantai, gitaran di malam hari yg indah, bermain air di luapan gelombang pinggir pantai, bercengkerama di hamock yang berayun diderai semilir angin pantai, tertawa ceria sambil bermain out bond………
    sudah tidak pantas lagi aku berkumpul bersama kalian,
    tapi aku berterima kasih atas undangan makrab nya,
    juga Pebri yang bersedia memboncengkanku, hingga kedinginan saat berangkat dan kepanasan saat disengat terik mentari siang sepanjang ‘the long and winding road’nya Pegunungan Kidul.
    terima kasih juga kepada semua yg terlibat di makrab UNYIL tahun 2009 ini, atas kehangatan dan kekompakannya!
    maaf kepada senior2 Unyil yg mungkin tidak berkenan atas kehadiranku di Ngandong, karena tidak bisa menandingi kesenioritasan.
    Harapanku kepada generasi selanjutnya….
    teruskan agenda acara ini sebagai sarana untuk saling mengakrabkan diri, tetapi jangan terjebak dengan ‘proyek cinta’ dulu,
    tunggu hingga LPT berakhir……
    ikutilah prosesi keanggotaan dengan benar, jangan contoh saya, semoga kalian semua selalu aman, nyaman dan selamat dalam menekuni kegiatan ini!
    akhirnya WASPADA DIRI ANURAGA
    dan do’a ku AVIGNAM JAGAD SAMAGRAM
    salam uasu byajingaaaaaaaan dari Jabrik !

  4. oke mas diterima koreksinya. “Ada kritik, saran berarti tulisane dibaca”, sori..

    Ya, walau cuman senyum dan ngga marah, tapi mental dan moral “si pelaku” pasti merasa bersalah to. ha…

    Apik la Kang, moga kang Jabrik bisa ikut terus makrab.
    Kalau Ga’ dipatentkan aja “kang Jabrik”melu Makrab per tahunne, ben ono Saksi sejarah sing Cerita ke anggota baru Unyil tentang”Ada Apa Dengan Unyil” koyo Film “A-A-D-U”..Thnks

  5. ahahak.untung kejadian hp ga ditulis..horas!

  6. @zy
    mau di tulis po’o.. =)

    @mas jabrik
    katanya laut selatan ada yang mau nanya kemaren…. =)

    @arga
    modaroo

    @pepen
    nice nice….

    mas jabrik emang kudu ikut…
    soale banyak orang-orang yang datang dan pergi..
    dan sampai saat ini koleksi pengetahuan terlengkap ada di diri mas jabrik

  7. mantap banget ama reportasenya…mas jabrik jangan sensi gt dong…klo ga ada mas jabrik kurang khas rasanya..hahaha…makasi roko nya dan cerita mas jabrik tentang sepenggal kehidupan cintanya diunit, sehingga malam yang indah dingandong dapat terlewati ampe pagi….

    buat bona semangat bro…tapi ingat ati2 klo melangkah,,,jgn jatuh kelobang yang sama ampe 2x

  8. To : Bona
    Lobange gede dab,,tutupi se lagi mlaku

  9. walaupun blog ini kemudian tidak laku, alias tidak ada yang nge-klik, tidak berarti kemudian unit selam tidak berkegiatan, semua hanya karena pengaruh “virus pesbuk” yang mulai menggejala dan memasuki organ otak manusia, sebagian orang bahkan virus ini seperti menjadikan ‘adiktif’.
    sekali lagi persiapkan LPT dengan sebaik mungkin, walo pun dilaksanakan setiap tahun , tentunya peserta dan panitianya tidak pernah akan sama, maka……
    waspadalah !

    • eh aq ikut elpete g’ mas jabrik…dh lama g’ turun laut neh…EDY BANDENG

  10. ahh ternyata aku di gosiipkan di sini..
    byasa aja deey…

    ehh laut khan kayak tempat sampah,,di aksih sejuta sampah tetep aj gak bau,,walaupun laut selatan di teriaki and di pisuhi tetep aja gak bls,,sabar ya ut….

    btw se uasu nya om jabrix,,pastilah beliau akan dan pasti di tunggu di tiap LPT !!

    Ok coyy…

    by = Polar Bear (nama samaran)

  11. wah gila dh ampe diklat 19 yach…selamat ya….


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories