Posted by: yanworks | Thursday, 11 September 2008

Kegiatan Unyil Saat Bulan Puasa

Dear all, setelah lama hiatus di blognya unyil akhirnya saya memberanikan diri lagi untuk menulis, habis kayaknya gak ada yang nambah2 nih (selain mas jabrik).

Mumpung lagi bulan puasa, bahasnya tentang masalah ramadhan aja ya. Pasti masih inget kalo salah satu tradisi bulan ramadhan yang biasa unyil lakukan adalah berjualan makanan untuk berbuka. Nah dengan niat untuk melestarikan budaya/tradisi tersebut, kali ini unyil juga menggelar dagangannya di tempat yang selalu menjadi hot spot selama bertahun-tahun. Bedanya dari tahun-tahun sebelumnya adalah pada barang dagangannya. Jika tahun lalu dan beberapa tahun sebelumnya unyil menjual pisang ijo, kali ini ada sedikit inovasi untuk berpindah dari produk tersebut, disamping karena ingin mengembangkan kreatifitas dan juga karena sudah terlalu banyak pesaing, terlebih lagi karena memang tidak ada SDM yang mampu untuk membuat pisang ijo sehebat PT Ongen Makmur Jaya yang direkturnya sudah kembali ke kampung halamannya, maka tahun ini unyil menghadirkan kreasi alternatif berbuka: Salad Buah dan Es Blewah.

Sebelum memasarkan produknya ke masyarakat, anak2 unyil terlebih dahulu melakukan riset, test dan survey pasar untuk menguji kelayakan produk dagangannya, dan yang menjadi kelinci percobaan adalah anak2 gelanggang yang mampu melahap apa saja tanpa kenal resiko. Dilihat dari hasil test tersebut terbukti bahwa produk tersebut telah layak jual (walau sepertinya diragukan apakah layak makan atau tidak) maka produk pertama pun dipasarkan pada hari ketiga bulan puasa lalu (kalo gak salah sih).


Tidak hanya itu, selain menjualkan produknya dengan cara membuka counter/booth dipinggir jalan yang menyajikan beberapa SPG dan SPB seperti yang ada di photo itu, ternyata unyil kebanjiran order untuk membuat paket buka puasa bersama yang biasanya request dari beberapa anggota unyil, beberapa client yang berhasil ditangani hingga saat ini adalah Median CS dan Hendro CS.

Pengen tahu bagaimana pemasaran dan proses produksinya, silahkan simak beberapa photo berikut:
Pemasaran:

Proses Produksi:


Nah bagi teman2 yang ingin mencoba kelezatan dan kenikmatan salad buah maupun es blewah ala unyil, silahkan datang di layanan emper jalan milik kami di sebelah utara kampus perikanan UGM. Anda bisa menemui kami mulai pukul 16.00 WIB. Buruan, keburu habis, soalnya setiap hari cuma disediain 20 bungkus salad buah.

Bagi yang berada diluar jogja, pesanan juga bisa dikirim via email kok (gambarnya doank).

Bagi yang belum mencoba, gak ada salahnya memilih alternatif lain cara berbuka, bagi yang sudah mencoba, jangan kapok ya. hehehe.


Responses

  1. Yanwar! kayaknya menyenangkan sekalee..
    Jadi inget jaman dulu..
    Btw kegianatn ini ada korelasinya sama persiapan kegiatan apa?
    Mungkin bisa sekalian promo UNYIL untuk rekrutmen member baru november.
    Salam..

  2. hebaaatttt!!!!! aku paling seneng liat unyil jualan. rame2 gak pake malu…yaaay!!!
    ongen keterlaluan, ninggalin jogja gak mewariskan ilmu pisang ijo.
    ingetin aku ngajarin kalian deh kalo ke jogja nanti. itu menu andalan tau. dan asal ingat, pisang ijo itu khas makasar bukan ambon. bisa ada di ambon karena orang bugis/makasar melaut sampe sana. ini pernah jadi perdebatan di parangtritis nih…
    semoga laris ya…

  3. ikut senang, anak UNYIL produktif…

  4. aku pulang tanpa membawa bekal muka bebal jualan ala unyil..

    sepertinya lebih repot dari sekedar ngambil pisang ijo di pangkalan ONGEN MAKMUR JAYA, puasa emang melatih kesabaran.. ^.^


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories