Posted by: selamugm | Sunday, 17 August 2008

merah artinya ………………..

merah pada jaman orde baru dikatakan PKI atau segala sesuatu yang dekat dengan “MERAH”, asal dibilang merah artinya ya kiri, isme ideologinya seputar pejuangan buruh dan kaum proletar di Eropa Timur.
merahnya anak SAR ya arti merah dalam materi TRIAGE pelabelan dalam memilih korban,
ada warna hijau, merah, kuning dan hitam.
masing-masing punya arti sendiri menyangkut hak dan keajiban orang.
kalo yang berlabel hijau artinya itu luka ringan, ngga ada gangguan fisik atau jiwa, bis asegera disembuhkan dan bisa membantu dalam penanganan darurat tetangga atau korban lainnya yang lebih parah.
Kalo hitam itu diartikan “mati” atau “meninggal” sudah tidak perlu dilakukan perlakuan medis darursat lagi, sedang tidak setiap petugas kemanusiaan paham dengan kondisi fisik korban, mereka belum mempelajari cek fisik, LDR, head tilt chin lift, prinsip dalam menentukan kematian sesorang dengan cek fisik.
lihat dadanya, ada gembung kempis nggak, dengarkan suara jantung di dada, desis napas dri hidung, ada nggak suara napasnya.
rasakan, lebih dekat lagi ke korban untuk mengecek syaraf dan otot motoriknya, sensorik dan gerak sakit nggak kalo korban dicubit, teriak nggak, itu untuk mengecek motor sensorik.
kalo mo nge cek otot motorik coba anda perintahkan kepada korban.
“coba gerakkan tangan anda, trus kaki anda, ada yang sakit nggak”
pertanyaan ini sudah melakukan tindakan D dalam LDR, mendengar perintah, korban bisa nggak melakukan “simple action” dari yang kita perintahkan, kalo nggak bisa berarti ada sesuatu yang salah dalam tubuh, bisa tulang (fraktur) bisa juga nyeri otot (terkilir).
kalau seseorang ditemukan dalam kondisi, tidak ada napas, tidak ada nadi dan tidak ada tanda-tanda kehidupan, langsung aja kasih LABEL MERAH.
itu artinya harus segera ditolong. Jenis korban paling parah, tidak ada tanda-tanda kehidupan juga bisa dilihat dari pupil mata, sensor diafragma mata dalam menangkap sinar senter, menggoyangkan baterei dari tempat yang gelap ke yang terang, bagaimana gerkan pupil matanya.
kalo udah mentheleng nggak berkedip, yo wis itu dah “positip” kata dokter.
itu mati dan nggak perlu ditolong lagi, mending tenaganya bisa untuk menolong korban label merah lainnya.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories