Posted by: selamugm | Sunday, 17 August 2008

jadi TIM SAR itu toh nyowo ?

merah putih…………….ya merah itu begitu kalo putih ya begini, ada perbedaan dalam mengartikan warna, nggak usah banyak-banyak, cukup merah putih dan hitam, warna paling netral sedunia, hampir semua suku di dunia melambangkan kematian dengan hitam, tetapi ada sebagian juga yang memberi makna putih adalah suci, sehingga dalam menghaapi setiap kematian kita harus mulai bersih, suci, seperti warna bendera indonesia di belahan bagian bawahm sedang di atasnya adalah merah yang ada di atas putioh, merah yang batasnya tegas sekali di batas warna merah dan putih. Entah aku belum diskusi dengan Kang WAWAN dan Mbak ULLY, memaknai warna merah dan putihnya, secara mBak Ully Sigar Rusadi itu yang membentuk sebuah yayasan bernama Yayasan Merah Putih……..yang pernah terlibat dalam POSKO SIAGA MERAPI SAR Jogja.
kemanusiaan adalah kemerdekaan,
mencintai aktivitas kemanusiaan adalah tindakan yang mulia, maka memerdekakan manusia adalah kemuliaan, perbuatan mulia, dapat pahala, dan akhirnya masuk sorga.
kadang semua orang punya obsesi tentang pahal dan sorga, aku tuh belum percaya betul je dengan itu semua,
lha kalo cuma mencari orang hilang di sungai, mencari orang hilang di laut, di sumur, pencarian berhari-hari orang hilang di gunungm dah sering kulakukan, apalagi di Kantor ini,
toh nyawa, toh alat, toh duit, toh mobil, toh bensin. toh komunikasi, toh ngebrik, toh nyopir, toh setting perahu karet di malam hari, toh genset sak lampu 100 watt nya.
semua adalah TOH NYOWO dalam menghadapi hidup ini, bukan hanya saat melaksanakan misi operasi SAR. Toh yang bisa diartikan sebagai BERTARUH nyowo, toh sebutan untuk koin yang disetor dalam permainan judi. ikut berapa, anda ’share’ berapa untuk ramainya permainan ini, ya pengertian TOH NYOWO….
mempertaruhkan “sejumlah sesuatu” dalam melaksanakan tugas sebagai manusia, yang pada dasarnya suka tolong menolong.
sebab saat kita kecil kan ikut PRAMUKA yang suka tolong menolong dan tabah, disiplin berani dan setia, jujur dan suka bermusayawarah, hemat cermat dan bersahaja, nah yang paling ngeri lagi adalah:
……..suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan….


Responses

  1. toh nyowo tenan kang…
    bengi2 nyelam neng kali, arus, dengan air yang penuh oli, masang wire(kawar sling baja yang diameternya kurang lebih 10cm) di bawah crain yang siap roboh menimpa apapun di bawahnya termasuk penyelam, nge SAR alat berat -ceritanya


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories