Posted by: selamugm | Thursday, 7 August 2008

kemarau yang basah

sejak tadi siang suasana kok dingin ya? walau matahari bersinar terang, tapi semilir angin yang bertiup terasa dingin, anyep sembribit katut aburing angin awan iki,

padahal matahari bersinar terang, dan kudengar di Papua dan Kalimantan masih terus terjadi hujan, bahkan  kota Padang yang berada di sisi barat sumatera terjadi bencana banjir. Kondisi cuaca di Jogja dan sekitarnya panas dan kering, ini mungkin puncaknya musim kemarau.

kondisi cuaca yang susah ditebak, musim yang tidak bisa diprediksikan, global warming menjadi sentra isue gerakan lingkungan hidup saat ini. Mungkin isue lingkungan yang disharekan di Bali tahun ini, sudah  memanen bukti, alam telah merespons. Sebagai contoh kasus adalah saat di Jawa kemarau kering justru di Papua, Sulawesi, Kalimantan sebagian Sumatra masih saja ada hujan.

Bagaimana kondisi alam dan nasib bumi ini dua puluh tahun ke depan?

ketika kesimbangan lingkungan sudah terganggu, saat hutan sudah tidak lagi menjadi paru-paru bumi, saat laut sudah menajdi sawah, dan tanah menjadi barang langka. Jadi ingat dengan sebuah film layar lebar yang dibintangi oleh Cevin Costner berjudul “water world”. Tanah kering menjadi barang mewah dan jadi rebutan suku bangsa di dunia, menuju sebuah pulau yang indah dengan air tejun air tawar, hutan lebat dengan semua isinya, binatang liar berlarian di dalamnya, adalah tujuan hidup setiap manusia. Manusia yang sudah tidak menjadi orang lagi, kehidupan di laut lepas, terapung di rongsokan kapal induk dan berbagai jenis sampah yang dijadikan pijakan tiap hari.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories