Posted by: yanworks | Monday, 4 August 2008

awal mula petuah jabrik

Saya mewakili moderator nih melakukan keinginannya mas jabrik untuk memasukkan petuah2nya dulu yang dimasukkan dari comment secara bertubi2 dan kemudian aktif menulis. Semangat mas….

Saya tidak tahu apakah mas jabrik sudah memasukkan kembali ke posting selanjutnya atau tidak, tapi berikut petuah-petuah tersebut bermula…

2008/07/21 at 9:22 AM
mencoba ikutan trend anak muda, corat-coret unyil di dunia maya, dunia entah di langit mana,
boleh ikut cerita ya..
aku JABRIK
aku ikut unit selam pada bulan pebruari tahun 1990
dulu banget pokokmen !

2008/07/21 at 10:33 AM
satu satu daun berguguran,
tunas muda
bersemi kembali
…………
sepenggal bait lagu iwan fals
yang menggugah semangat pembaharu

2008/07/21 at 11:04 AM
kau cantik hari ini…………..
dan aku suka
kau cantik hari ini
dan
aku suka
…………..
coba diterjemahkan dengan semua bahasa yanga da di dunia
tapi pada kmunitas yang paling kesil
suku
suku bangsa di dunia aa berapa ya?

2008/07/21 at 11:26 AM
perjalanan dengan kereta api “sudi mampir”, sekarang bernama kereta SRI TANJUNG, kereta api sudi mampir jurusan jogja banyuwangi, maksudnya suka mampir di stasiun kecil, perjalanan siang yang jauh dan jauh.

Membelah separoh jawa dengan kereta api yang selalu berkunjung, silaturahmi ke setiap stasiun kecil, jadi ya cukup tua di kereta, ampe mo tidur aja kehabisan gaya, trus iseng-iseng nawar barang dagangan yang banyak ditawarkan para pengasong kereta:

“…es, es, teh kotak, aqua, permen…..” dan hingga kini masih terus ada, hanya sekarang dah ada produk baru,

“kacang, karupuk, sale sale, salenya pisang .…. mijon…mijon…mijon…aqua segar…yang dingin!”

barang dagangan yang begitu beragam, hampir mirip sebuah pasar di atas kereta penumpang, ada kaca mata, burung hantu, monyet, jeruk, hingga korek api gas.

Karena gak ada aktivitas, seharian sejak pagi hanya duduk di gerbong yang panas, akhirnya aku nawar dagangan pada penjual kaca mata:
“pinten niki mas?” tanya ku kepadanya.

“sepuluh ribu mas!” kata masnya penjual kata mata dengan tegas.

” Limang ewu nggih?” dengan cool dan cuwek aku mencoba menawar. Tetapi tanpa kuduga sebelumnya, rupanya mas nya itu memberikan dagangannya.
“Iya. Monggo silahkan! Mo ambil berapa Mas?”dengan semangat Mas itu merespon tawaranku. Aku jadi kaget sendiri dan heran, wah kok baru sekali nawar dah langsung sepakat. Akhirnya aku bayar kaca mata sun glases itu, kacamata plastik berwarna hitam, kalo dipikir sebenarnya kan barang ini sangat bermanfaat , terutama bagi para pengunjung pantai, melindungi mata dari sengatan dan cahaya matahari di saat panas  terik. Dalam teori SAR disebutkan adanya beberapa PSE (personal safety equipment), di jajaran PMI disebut dengan APD (alat perlindungan diri). Selain kacamata, sarung tangan, masker penutup hidung dan mulut, helmet safety adalah peralatan yang harus dipakai saat melakukan operasi baik Rescue maupun Search. Dengan demikian akan membantu dalam upaya mensosialisasikan “budaya safety”. Budaya yang harus dijadikan bagian dalam setiap aktivitas sehari-hari, keselamatan menjadi syarat utama dalam merencanakan setiap kegiatan. Harus selalu ingat dengan andagium “safety first”

2008/07/21 at 11:34 AM

kadang aktivitas selam dianggap sebagai kegiatan yang “heroik”, itu kadang menjadi persepsi tersendiri bagi penggiat selam ato yang baru mengenal apa itu selam. Adalah sebuah organisasi yang bisa dikatakan juga sebuah komunitas, yang sungguh aku cintai hingga ke semua anggotanya, rasa kekeluargaan yang kental, punya gaya sendiri, punya style lain dari ukm lain,
Unik dan menarik kata “sido muntjul”, dengan prestasi “upacara 17 an agustus di bawah laut”.

ber-17- an di dalam air, trus mo ngapain kalo di dlam air? ya …upacara, upacara seperti layaknya upacara kemerdekaan RI, dengan gaya dan SOP model unyil, dan sudah di tayangkan di stasiun TV swassta yang saat ini dah bubar, eh masing ding, TV 7 ya…
saat itu Cahyo Alkantana baru bingung cari penyelam di jogja, haus akan pergaulan anak selam di Jogja
” yo wis mBul……nGgabung ro cah2 gelanggang wae…!”
“nek arep nyelam bareng yo ayo!” mo ikut gaya kita juga boleh,

pada dasarnya unit selam UGM adalah perintis olah raga selam di jogja, mensosialisasikan diving di lingkungan masyarakat yang jauh dengan wisata bawah air, dengan kawasan laut ya parangtritis.
dan tidak mungkin buat menyelam di Jogja, ternyata bisa dan mudah,
kalo dulu harus ke Situbondo Pasir Putih, sekarang tinggal ke Semarang aja, naik Kartini Express 5 jam dah sampe dermaga Karimunjawa. Kalo mo ke Kemujan ya pake pesawat cessna dengan bolehnya sewa dari Semarang.
bandar udara DEWANDARU, Kemujan, Karimun jawa

2008/07/21 at 12:16 PM
LPT angkatan 9, yang diikuti oleh 9 wanita dengan 3 cowok yang cantik-cantik, brmantyas, karo sopo kae

yang susah bicara, kelainan dan mengalami kesulitan verbal, susah bahasa indonesia, memang unit selam tempat untuk belajar segalanya.
untuk belajar ttg hidup dan kehidupan, dari sejak menyelam pake pelampung pesawat dengan tabung scuba yang cuma ada second stage nya, tanpa ada presure gauge dan deep meter.

“selam horor’ kata Qaweng, yang bernama aseli Putu Ardana, orang Bali yang hitam legam, galak, sinis, sombong rakaruan, jan nyengitke buanget. Memang demikianlah beliau ini. Dia yang dulu pernah mengajarkan selam kepada ku, saat di Kolam Renang Colombo, yang sekarang dah jadi Radisson dan ganti lagi jadi Jogja Inn.
Radison Hotel ini mengingatkan saat tahun 90-an, lah kok direktur marketingnya kebetulan juga anak selam, satu angkatan ma aku, cah dayung yang badannya kekar, kuliah di Sospol jurusan HI, kulitnya hitam dan pendiam, namanya Yuzak Anshori. Neng ndi kae saiki ?

dia yang dulu sering nulis di koran, di harian BERNAS, dia lumayan produktif nulis lho, teman yang dalan uripnya wis ketemu.

Yuzak cah dayung sing mlebu selam, neng ndi kowe saiki Sak? terakhir aku ketemu di cafe barbeque mu kae.., pas aku karo Bambang Gundul nanyaken job MC di Radison, lha aku pas itu diundang Hogie, mantune Rendra, sing nyiak anaknya Sitoresmi, bojone mbakyune Rachel, rombongannya SETRAJANA mapalanya  anak sospol.
wah….jadi inget lagi, pada saat aku semangat mengajukan proposal skripsi, menjelang KKN ku di Pleret dengan Andi Arif, pada saat itu syarat KKN adalah selesai proposal dan sudah disetujui dosen pembimbing, hehehehe..pada jamannya aku emang termasuk kelompok rajin, aku selesaikan proposal skripsi dengan waktu 1 minggu, nah inilah yang mungkin menjadi kekuranganku saat ini, jadi meremehkan proses skripsi selanjutnya.
dasar laki=laki jawa, selalu saja ikut tingkah raja nya

2008/07/21 at 12:42 PM
ada lagu dari Garby dengan judul ‘cinta pertama’, jadi inget dengan suasana pagi di Wisma Merbabu Kaliurang, acara musyawarah anggota nya Unit Selam UGM. Saat itu memunculkan nama Ika Risti sebagai ketua selam, hingga sekarang dah jadi instruktur selam.
Sekelumit komentar untuk Ika, Raras Wrenges Wijoraras, Si Sum Kusuma yang dari dulu emang pantesnya jadi dokter gigi, bu dokter kusuma, Anton yang sekarang jadi polisi, Rizal, Surip, Toro …trus sopo neh yo?

 

Yanwar


Responses

  1. terima kasih pada moderator,
    atas “kecerdasannya” kali ini…
    nuwun Yan….
    atas atensi dan responsnya !
    maaf kan atas ke gaptek an ku atas media ini.

  2. jadi gini loh…
    aku tuh sekedar ingin menulis seperti menulis di forkom UNYIL yang ada di sekertariat,
    tapi berhubung jarang ke gelanggang, sehingga aku tidak ngerti di forkom Unyi yang baru menarik dibicarakan apa?
    ya sekedar ingin ngerti perkembangan kegiatan pasca LPT, secara kegiatan terakhir yang aku ikuti ya evaluasi besar LPT angkatan 18 UNYIL,

  3. @mas jabrik
    Silahkan menulis mas. jangan menyerah mesti tak ada yang ngasih komentar.

  4. @yanworks
    awas kowe kualat karo sesepuh…🙂

    @Jbx
    semangat nulis terus mas..komentar pasti akan datang suatu saat🙂

  5. komentar sokur…
    ora komentar yo aku tetep arep nulis,
    apa aja ….
    kan Indonesia wis “MERDEKA”…
    kemerdekaan mengungkapkan pendapat !

  6. mas jabrik…..pasti ga inget ma aku…
    aku anak baru gede yang sering maen ke jogja dan pernah mas jabrik ajarin main judi di angkringan…..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories