Posted by: selamugm | Sunday, 27 July 2008

soldier of nothing

masih saja aku di depan komputer,

minggu siang yang panas ini, terik matahari kering menyengat kulit pedagang kaki lima malioboro,

tadi malam jantung kota Jogja sempat macet, jalan dibuka tutup sepanjang jalan malioboro, susilo bambang yudhoyono singgah di jogja, mbuka festival borobudur,

banyak tourist yang lalu lalang, suasana kota seperti di Bali aja, entah kenapa yang dulu sebaran bule hanya di sekitar Prawirotaman dan Sosrowijaan, kini menyebar luas hingga ke gang-gang kampung,

apakah ini pertanda baik di bidang wisata, orang asing pun sudah merasa nyaman dan asyik-asyik aja jalan di sepanjang kota, nggak takut ma mosleem yang ngamukan, suka bacok orang,

sokur alhamdulillah kalo begitu..!

masih di ruang 5 x 5 meter ini, aku hanya berteman TV dan HT, cukup terhibur juga sih…. dengan suasana siang ini,

kantor gubernur kok sepi, sepiiiii..banget……., ada kedamaian di sini, angin semilir dari pohon rindang depan dekranas, burung-burung berkicau riang, diselingi suara adzan dari masjid al sulthoni samping tembok ini, menambah suasana surgawi dan illahiah makin nyuzzz………..

di sini nggak ada honor nggak ada gaji nggak ada bantuan logistik, tapi sejak anak-anak UGM mengalami musibah di Gunung Slamet aku mulai melirik lembaga ini, lembaga yang nggak ada duitnya, tidak menjanjikan sugih, tidak ada limpahan anggaran dari negara, namun dengan kondisi seperti ini justru membangkitkan semangat kemanuisaan ku, yang kadang tidak manusiawi dengan dirinya sendiri, meminjam istilah nya para romo pastoral aliran jesuit ………”a man for others”…..

hidup untuk orang lain, untuk melayani, untuk mengabdi pada mereka yang kekurangan dan mengalami nasib kurang beruntung,

dari lembaga ini juga aku pernah mengenal berbagai macam musibah, dari orang hilang di gunung, kebakaran gedung bioskop, pesawat terbang yang jatuh, gempa bumi, angin puting beliung, tanah longsor, dan puluhan musibah di air lainnya.

yang paling sering adalah orang tenggelam terseret arus di pantai selatan, paling banyak ya di Parangtritis, juga orang yang hilang di sungai, berbagai macam penyebabnya, dan yang masih menjadi keprihatinan ku, sampai saat ini masih sering terjdi orang meninggal di air, kenapa harus mati?

sedang air adalah dunia lin ku, dunia penuh keajaiban, bahkan menjelajah di dalam air membuat sebagian orang merasa bahagia dan makin mengenal diri nya, makin dekat dengan Tuhan, seperti seekor ikan yang hidup di lautan luas, kecil banget, samodra raya adalah tempat hidupnya, dunia yang begitu beragam, dari shell hingga mamalia ada di sana.

selain lingkungan biotis, masih ada juga fenomena menarik di dalam air, kapal tenggelam di dasar laut, ternyata sebuah kapal yang dulu merupakan alat transportasi, ketika sudah berubah menajdi terumbu karang pun masih bisa dimanfaatkan, tentunya oleh sebagian makluk dalam air dan juga manusia,

kepentingan dan cara pandang yang berbeda dalam mensikapi ‘WRECK’,

  1. pandangan biologis
  2. pandangan arkeologis
  3. pandangan ekonomis

tiga cara pandang yang berbeda akan empengaruhi juga dalam kebijakan yang diambil ,

satu2nya yang paling bisa dijadikan pemecahan adalah: “museum bawah laut indonesia”

point interest yang ditawarkan adalah mengunjungi sebuah kapal yang tenggelam, tidak merobah atau menambah situs yang ada, sedang pengunjung tentunya harus bisa menggunakan SCUBA dan kaidah-kaidah nya. Aturan main dalam kunjungan wisata di dalam air harus jelas. Konservasi lingkungan sekitar harus selalu terjaga, baik karang maupun ikannya.

kalau emang mo buat kenangan, disediakan dokumentasi secukupnya.

souvenir pun bisa diambil dari artefak yang hancur, sekedar sample dan bukti bahwa pernah berkunjung dan menyaksikan secara langsung bangkai kapal.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories