Posted by: selamugm | Sunday, 13 July 2008

LPT 18 Unyil UGM, Karimunjawa, 4 – 10 juli 2008

“aku kembali wo..yoo..setelah sekian lama lagi..wo..yoo”

Karimunjawa masih jadi langganan wadah LPT Unyil sampai 2008 ini

foto bareng LPT'ers 18''

Latihan perairan terbuka hanya salah satu pijakan anak tangga dari seruntutan kegiatan unit selam UGM, dan sampai saat ini bagi para penyelam kegiatan ini sifatnya wajib dan hanya bisa diikuti oleh para calon anggota yang sebelumnya telah menjalani diklat menuju LKK, dan melewati kegiatan unit selam UGM, dan barulah para calon’unyillers ini bisa diperbolehkan menyelami birunya laut didampingi para senior.. Awal tahun 2008 ya disambut juga oleh angkatan baru 18 yang berdiklat ria di kawasan magelang. Waktu, dana dan tenaga dikorbankan para calon ini demi menempuh 1 minggu dilapangan dengan mengesampingkan sedikit rutinitas kuliah di UGM, dan begitu halnya dengan para anggota unyil yang bertindak sebagai penyelanggara dan DM, “kita sama-sama rugi waktu dan dana demi mendapatkan angkatan baru kedepannya”, sama-sama masih mahasiswa; sama-sama masih kuliah; dan sama-sama mau nyelam dan berorganisasi di unit selam UGM yang tetap harus diperjoengkan, “merdeka”.

Tak terasa kurang lebih 3 bulan belajar teori menyelam dan berorganisasi, dan selama masa tersebut juga para calon anggota ini terus berlatih fisik dan skill menyelam di kolam renang, yang airnya dibumbui kaporit tanpa pernah dikuras. Kekompakan angkatan tersebut dan para senior UNYIL yang memberikan suasana nyaman dan dekat di gelanggang menjadikan salah satu dorongan kenapa mereka harus LPT dan jadi bagian dari Unyil UGM.

Akhirya tanggal 4 Juli 2008 telah tiba, 11 orang calon anggota dari total 33 orang yang berangkat LPT optmis menjalani dan berusaha menikmati hari-hari di laut dan kepulauan karimunjawa lengkap dengan pengalaman menyelam mereka di kolam. LPT XVIII ini diketuai oleh Fumma P.( diklat angkatan 17, dengan nama laut SEAL ), persiapan dan pengalaman para anggota unyil jadi modal mencetak LPTnya unit selam yang pasti beda dari club selam lainnya, untuk mendapatkan para penyelam yang ramah lingkungan sekaligus punya rasa kekeluargaan yang erat di unyil.

(start dari gelanggang) Jam 9 malam jumat berangkat dari gelanggang dan tiba sabtu di pelabuhan kartini jepara jam 2 dini hari, unloading barang dengan system estafet jadi pemandangan tak asing lagi, sepanjang jalan barang estafetan “piye carane wong ra mlaku, tapi barang bisa diangkut”.

para peserta estafet barang ke kapal muria

para peserta estafet barang ke kapal muria

Sudah beres barangnya sekarang waktunya Menunggu..menunggu dan menunggu pintu kapal muria dibuka, sambil diterpa timuran dan matahari yang mulai meninggi pertanda kita semakin dekat menuju karimun. Bersiap dengan amunisi makanan di perut, selama 7 jam kapal yang terus menggoyang sepanjang laut, upss, akhire ada juga yang jackpot. WEEA, kesedihan satu orang adalah kesenangan kelompok, dan mesti diketawaain dan dihitung tiap jackpot , 1….2…3, ea. tapi nggak papa sing penting tradisi tetap terjaga –ada tumbal muntah di perjalanan pertama,,he.(List jackpot : Hana (ade’nya pebri 15), Santika 18, pa’ Dadang 16 dan beberapa pihak yang belum sempat dikonfirm).

Jackpot'' di birunya laut

Jackpot'' di birunya laut

Sore sabtu telah tiba, disambut oleh Tim advance ( Ucok 16 dan Ica 17 ) yaitu 2 orang perintis persiapan para LPT-ers selama di sana, tak lupa juga disambut Orang-orang syahbandar yaitu mas Nurul , mas Junet dan para punggawa syahbandar lainnya. Salam dan sahut bertanya jadi awal pertemuan setelah lama tak jumpa, apalagi mas JABRIK dan mba IKA RISTI sebagai ter-senior ngobrolnya cocok sesama senior, ntah ngomong apa sampai akhirnya tiba di syahbandar, lanjut makan di bu ester (“bu ester palsu,”ujar mas jabrik), rapat, evaluasi, brifing DM, checking packing, dan akhirnya memilih posisi tidur untuk menyambut first dive mereka. Wuh, sebuah rutinitas padat yang dinikmati oleh semua peserta, sampai jam 12 malam masih berkutat dengan alat dan persiapan buat penyelaman minggu pagi.

terminal perut, di tempat bu ester yang baru ganti.

terminal perut, di tempat bu ester yang baru ganti.

Ngi…tangi..tangi..suara yang bergema pagi itu. Sunday morning, 04.45 WIB bangun dan bersiap stretching di lapangan bola. waktunya stretching le,, ndu

1.2.3.4.5.6.7.8. (2 kali 8 = 16)

1.2.3.4.5.6.7.8. (2 kali 8 = 16)

Hari mingu ini rencananya pengenalan laut bagi para calon anggota yang langsung dipimpin oleh mba IKA sebagai Instruktur, dan di satu kegiatan lainnya yaitu 7 anggota unyil dipimpin mas jabrik melakukan navigasi guna melanjutkan sertifikasi ke jenjang A2. tak terasa hampir sampai pukul 11, panas dan ramai menjadi pemandangan tak menjemukan. Tiba-tiba terdengar pisuhan Khas mas jabrik “a**u, b****gan 2,..silitku keno wulu celeng” tapi mas jabrik tetap tenang dengan tetap meng-aduh aduh, sambil dibantu yang lain melepas wetsuit 5 mm nya yang tertembus kurang lebih 8 jarum bulu babi di paha atas belakang = ….), dan dengan bantuan sigap p3k ( manda 17 dan erma 18 ) dan mba Ika, akhirnya 10 menit berlalu sampai akhirnya mas jabrik kembali ke performa semula dan suasana kembali kondusif. Sampailah waktunya makan siang = ‘ntuk melayani kemauan perut, tim kembali ke syahbandar melewati jarak renang lumayan jauh, 200an meter dari keramba selatan dan sela ngelih di tengah perjalanan.

antara keramba apung dan dermaga syahbanadar

antara keramba apung dan dermaga syahbandar

Makan siang, isi energi dengan banyak karbohidrat dan sedikit protein serta vitamin, acara penyelaman kembali dilanjutkan. Tim selam kembali ke Keramba, Surface scuba 200an meter lumayan kesel, tapi tetap semangat bagi semua peserta, apalagi calon anggota yang ingin merasakan first dive di laut, tepatnya depan keramba dengan substrat pasir, jelas rame..pasirnya dan pastinya langsung dinilai oleh Instruktur.

OK??? atau OK!!

OK??? atau OK!!

Matahari sudah meluncur menuju barat, jam 15.00 waktunya pulang ke syahbandar dan tetap berenang lagi dan lagi, semua oke.

Minggu ternyata bukan hari libur bagi para peselam, maklum swasta. Leren dilit, pukul 17.30 WIB para peserta sertifikasi A2 lanjut ke wisma apung melanjutkan night dive, dan calon anggota harus melakukan ujian tulis A1 diantara suasana ngantuk dan konsentrasi “ memang sebuah dilemma”. Sampai jam 11 malam si junior (komressor unit) tetap berisik dan bergetar untuk mengisi tabung-tabung para penyelam agar bisa tetap bernafas di bawah air.

Hari ke 2 di karimun,pagi buta tetap dengan nada sama sie acara membangunkan para penikmat tidur yang sibuk dengan SB dan sarungnya masing-masing,” ngi..tangi…tangi”. Tapi, peraturan harus tetap ditegakan… semua bangun diusahakan tepat waktu dan bersiap dengan rutinitas awal guna penyelaman selanjutnya, yaitu pulau menjangan kecil yang direncanakan ada dua penyelaman di sisi barat dan timurnya. (Dek..gedek…gedek..2345..x), berangkat naik kapal “karya jaya berbendera selam ugm”

"karya jaya" disewa jadi kapalnya selam

"karya jaya" disewa jadi kapalnya selam

. Suara kapal motor mulai membelah suara hembusan angin yang lumayan kencang. Ternyata sesampainya di sana (maksutnya menjangan kecil bagian timur), terlihat arus kencang dan ombak berbuih sehingga penyelaman harus dipindah ke sisi barat yang umumnya lebih tenang karena terhalang pulau. Bersiap, 4 – 4 – 3 formasi turun para calon anggota, yaitu setiap shift turun ada yang 4 dan 3 orang, dipandu 1 DM dan penilai tiap kali turun. Ya, di sini materi di kolam renang selama LKK diperagakan di depan instruktur dan dinilai, dengan kedalaman rata-rata 15 meter materi diperagakan dan setelah itu jika jatah udara cukup silahkan touring menyusuri ekosistem terumbu karang lengkap dengan warna dan fenomenya, kalau jatah udara nggak cukup, terpaksa harus snorkelingan diselingi duck dive sambil mencari sesuatu yang menarik untuk di ceritakan saat pulang nanti. Setiap calon anggota, antusias sekali untuk menjejahi setiap lekuk dasar laut, walaupun dengan snorkel masih tetap dimulut, orang-orang ini bisa tertawa dan teriak untuk mengekspresikan apa yang dilihat dan ternyata suaranya sampai di kapal (UHH,,waa, ,). Hari ini dilakukan 2 kali penyelaman di sisi barat pulau menjangan kecil, dan karena itu tim bisa pulang lebih cepat dari jadwal semula.. Sesampainya di syahbandar dan selesai cuci alat dan setelah selesai makan sotong di bu ester, di sisi barat sudah menunggu SUNSET yang mau tenggelam,. 1..2…3. sebagian berangkat berpose membelakangi mentari yang makin melemahkan sinarnya. Seperti lagunya steven n’ coconut trees

kunikmati mentari yang mulai tenggelam dan perlahan menghilang….buatku terpana” .

sun ..set..

sun ..set..

Hari ke 3, tepatnya tanggal 8 juli ternyata lebih special dari hari biasanya, yaitu packingan lebih banyak dari biasanya karena tim langsung menginap di pulau tengah. Rencana awal penyelaman dilakukan di pulau sintok dan terakhir ke pulau tengah. Ternyata takdir berkata lain, 2 jam lebih diperjalanan digoyang ombak dan angin timuran, dan pulau sintok tidak direkomendasikan untuk menyelam. dengan gelombang kira-kira 1 meteran, Dari sini terungkap ada beberapa list jackpot(dewi 18, Arga sawung 18). Karena cuaca tersebut kapal langsung menuju kediaman pak tampi dan keluarga besarnya, yap..tepat..di pulau tengah kita berlabuh. Orang Turun dan barang-barang sudah turun, saatnya penyelaman pertama masuk ke laut di sisi barat dermaga pulau tengah. setelah penyelaman selesai, tak lupa memilih dan berebut pohon buat masang hamock di depan rumah panggung (ada 4 hamock, anyar -anyar).

angkutan gerobak menuju p. tengah

angkutan gerobak menuju p. tengah

orenz boys...

orenz boys...

“Sudah sore” acara mengingatkan untuk bersiap cuci alat dan checking. Di pulau tengah masih bersiap untuk penyelaman, 4 sekawan (Vio 13, Pebri 15, Ari 15, Sidqi 15) bersiap night dive, mereka cah-cah A2 yang tetap ikut LPT walaupun sudah beberapa kali ikut “pokoknya ikut LPT, setia sampai Lulus kuliah”, salut buat semua.

Malam tiba, barang sudah dipacking untuk penyelaman terakhir besok yaitu FUN DIVE dengan harapan dari nama tersebut bisa beroleh penyelaman yang fun. ki …sedikit cerita bergambar dari pulau tengah:

tampak kiri photo wajib

tampak kiri photo wajib


descending

descending

check pressure gauge , berbuddy

check pressure gauge , berbuddy

Poto B & W, wajib bagi para peserta!!

Poto B & W, wajib bagi para peserta!!

Akhirnya,. Setelah semalam tadi terbentuk juga Ke 11 anggota baru “Angkatan XVIII” unit selam UGM.

Inilah mereka :

Nama Nama laut
Aditya arif Surgeon fish
Radityo Doni P. goat fish
Erma Normasari Teddy Bear crab
I. Sugih Wirakarsa ebony trigger fish
Santika Pramesti Cleaner wrasse
Arga Sawung K. Royal Dotty
Albertus Papin K. ghost pipefish
Ronggo Ryan bat fish
Laksmi Dewi K. menella gorgonian
M. Budi Rahman Black marlin
M. Hafidz Hairy frog fish
"mba Ika, angkatan 18, mas Jabrik"

"mba Ika, angkatan 18, mas Jabrik"

”Selamat!!! Semoga tetap kompak dan tetap melaksanakan tanggung jawab kalian sebagai generasi baru UNYIL UGM”kata ini mungkin sebagian dari banyak kata yang terlontar dari para senior.

Hari terakhir di pulau tengah, fun dive??

Dari banyak hasil olah keterangan para penyelam, bisa diketahui bahwa para diver bisa menikmati keindahan bawah laut ataupun suasana penyelaman. Pulau tengah ternyata jadi kampung halamannya para penikmat bawah air tentu saja harus ditunjang suasana kekompakan para penyelamnya.

Setelah semua anggota mendapatkan penyelaman yang fun, tiba saatnya mengarungi laut menuju syahbandar, evaluasi, packing, loading lagi guna kepulangan tim ke Jogja besok pagi.

Akhirnya, 4 hari Latihan Perairan Terbuka di Karimunjawa sudah dijalani, banyak hasil yang didapat dari banyak proses yang dijalani dari Diklat-LKK-LPT yaitu didapat KE 11 anggota baru UNIT SELAM UGM lengkap dengan perangainya masing-masing.

Keluarga Unyil dan para punggawa syahbandar

Keluarga Unyil dan para punggawa syahbandar

sekian hari LPT berjalan dan akhirnya sampai ke jogja dengan selamat ., Thanks to :

Tuhan YME; Keluarga besar Unit Selam UGM; Mba Ika; Mas Jabrik; Pak Yusuf, mas Nurul dan mas Junet (yang berkuasa di syahbandar); Kapal motor “karya Jaya” dan crew; Pulau tengah dan Pak tampi sekeluarga besar, BTNKJ, dan semua pihak yang secara langsung ataupun tak langsung terlibat dalam kegiatan ini.

sekian dan terimakasih,, Amen.

Reported By:

Pepen, Diklat 16


Responses

  1. nice all…
    akhirnya angkatan 18 tlah terbentuk.

    selamat berkarya di unit selam UGM
    majukan terus UNYIL dan semoga ada manfaatnya bagi kalian semua

    buat para senior… mohon binbingannya

    ohya siap2 menyambut ULTAH unyil nih…

  2. ULTAH UNYIL KASIH KABAR DONK…..
    -DIKLAT 13-

  3. pepen nek nulis apik juga yo..

    selamat bergabung anak-anak 18, walaupun sudah lama juga kita bersama,,

    seLamat untuk semua, untuk sementara waktu kita bebas dari kuLiah

    terimakasih untuk panitia LPT 18

  4. waaaaaaaaaaaaaaaaaa,……

    bagus,..bagus,…

    tapi foto ku krg gede,…
    wahahahahahaaaaaaaaa,…

    bwt tman2 18,…slalu ceria dan tetap kompak yow,…
    cinta damai dan saling menyayangi,….

  5. Selamat….selamat….selamat…….
    jadi pengin nyemplung laut lagi, tapi kapan yah……

    ps: for admin>>> saya ada blog yg bisa di link di Blog Unyilers ini URLnya http://nagawulan.blogspot.com

    thanks,

    Iqbal “pathol” Tuwasikal

  6. wah, wis ireng2 rupane. berarti LPT temenan…jangan lupa baca buku2nya Pram, terutama Arus Balik, he he…

  7. Congrulatulation for yours Sacrifice 18 Generation.!!!
    Keep spirit!

  8. Slamat buat diklat 18 moga terus eksis di UNYIL demi kemajuan UNYIL.

    boleh usul ya kalo foto2 yg diklat 18 dibawahnya ditulis namanya so bs kenal wajah dan namanya. thx

  9. Wah selamat buat para yunior Unyil. Semoga ndak ngikut ketularan ‘penyakit ayan’ para seniornya. Kapan2 kalau ada sangu pingin ikut nebeng sih. Kangen karimunjawa dan kangen snorklingan. Sialan Pepen sing ngajari snorklingan marahi tumaaaaaaan..

  10. dan diturunkan air dari langit untuk menghidupkan tanah yang tandus menumbuhkan pepohonan yang berbuah bagi setiap makhluk, begitulah kebangkitan terjadi.

    semoga menjadi diklat bagi kebangkitan unit selam ugm dan bangsa indonesia…

    nb: reportase yang bagus

  11. keren…bakat jurnalistik niy….

    btw.,.,

    SENANK na…..potoku banyak yang di tampilkan……

    hehhe mo nulis banyak tapi keyboadna warnet jelek amad..huks huks….

    bagus pak pepen !!

  12. selamat buat DIKLAT 18,,
    pasti masih penasaran kan,, orang kemaren aernya butek banget…
    tetap semangat untuk menyelam lagi dan lagi…

  13. reportasene lengkap ki, apik2, saingan karo coki dadi wartawan wae.

    @pepen
    fotomu ra ketok rupane peng.

  14. menarik menarik..
    perjuangan ada hasilnya kan??!!
    selamat bergabung dan mari tunjukkan karya yang “SPEKTAKULER” untuk unyil tercinta.

    Konservasi sumber daya bahari, mengenalkan unyil ke Jawa Bali dah rasional kan??
    Piye Bang Oka, Titi, Ongen, Hasnan, Tesa, Karissa? Ada komentar?

  15. waa keren, tapi kurang keren ah kalo ga da fotoku..hehehehe..lha wong ga ikut LPT ko arep njedul fotone..tetap semangat menjalani kebersamaan di unit yah…
    take care guyz n galz

  16. pulau karimun memang sangat indah..

    tapi membuat kulitku tak indah lagi..dah item makin item pula.. >.<

    mas pepen nyewa sapa nih wat nulis liputan LPT .. kok bagus yah…🙂
    waaaahhh…..happy hour bentar lagi slesee…

  17. pen,, kamu nulis reportase LPT ni bukan karena terpaksa sebagai seksi dokumentasi to… hahahaha

  18. satu satu daun berguguran,
    tunas muda
    bersemi kembali
    ……………..
    sepenggal bait lagu iwan fals
    yang menggugah semangat pembaharu

  19. fur Pepen
    kamu bagus juga jadi jurnalis media maya,
    coba deh masukkan ke drtik.com
    tanya ma Bagus detik
    sering ke gelanggang kok…
    dulu
    sekarang entah
    hehehhee

  20. Pen….
    aku ingin ngobrol dan cerita seperti biasanya
    di depan sekre dengan kopi panas yang selalu ada
    dengan berbatang-batang rokok yang jarang terputus
    sementara kamu nulis yang aku omongin
    bisa nggak Peng ?
    ato sambil dengarkan lagu..
    apa tuh?
    yang pake bahasa jwa, batak ucok, dayak pepen, mbantul, dll

  21. kau cantik hari ini…………..
    dan aku suka
    kau cantik hari ini
    dan
    aku suka
    …………..
    coba diterjemahkan dengan semua bahasa yanga da di dunia
    tapi pada kmunitas yang paling kesil
    suku
    suku bangsa di dunia aa berapa ya?

  22. perjalanna dengan kereta api “sudi mampir”
    kereta api sudi mampir jurusan jogja banyuwangi
    jauhdan jauh
    membelah separoh jawa dengan kereta api yang selalu berkunjung silaturahmi ke setiap stasiun kecil, jadi ya cukup tua di kereta,
    ampe mo tidur aja
    kehabisan gaya
    trus iseng
    nawar barang dagangan yang di tawarkan para pengasong kereta….
    “….es, es. kacang…. mijon…mijon…mijon…
    aqua segar..aqua dingin, kaca mata, hingga korek api gas……..”
    karena gak ada aktivitas dan hanya duduk seharian di gerbong yang panas,
    akhirnya aku nawar pada tuykang kaca mata,
    …..”pinten niki mas?”
    …sepuluh ribu…’ kata mas nya itu
    dengan mata terpejam dan sembunyi di balik topi lapangan…
    aku iseng aja nawar….:
    ” limang ewu nggih mas?”
    ya …
    monggo ..
    silahkan
    waduh kok cepet disepakati
    padahal kalo kita lihat manfaat bagi kita,
    saat panas terik,
    di derasnya simar matahari bulan juli
    betapa kaca mata bisa sangat membantu
    oleh karena itu kaca mata
    menjadi APD wajib
    APD=alt perlindungan diri
    budaya safety harus selalu ditegakkan
    halus selalu ingat dengan kata:
    “safety first”
    selalu menjadi dasar dari setiap langkah hidup

  23. persepsi ‘heroik’ di lingkungan penggiat selam ato yang baru mengenal unit selam
    apalagi sebuah komunitas yang sungguh aku cintai, hingga ke semua anggotanya,
    rasa kekeluargaan yang kental, punya gaya sendiri, punya style,
    lain dari yang lain,
    unik dan menarik kata “sido muntjul”
    dengan prestasi “upacara 17 an agustus di bawah laut”.
    17 an di dalam air,
    trus mo ngapain kalo di dlam air?
    ya upacara
    upacara seperti layaknya upacara kemrdekaan RI
    dengan gaya dan SOP model unyil
    dah di tayangkan di stasiun TV swassta yang saat ini dah bubar
    eh masing ding
    TV 7 ya…
    saat itu Cahyo Alkantana baru bingung cari penyelam di jogja
    haus pergaulan anak selam
    tapi di jogja
    ” yo wis mBul…..
    nggabung ro cah2 gelanggang wae…
    arep nyelam bareng yo ayo,
    mo ikut gaya kita juga boleh,
    pada dasarnya unitselam UGM adalah perintis olah raga selam di jogja,
    mensoisalisasikan diving di lingkungan masyarakat yang jauh dengan wisata bawah air
    kawasan laut ada ………..
    parangtritis ?
    tapi mungkinkah tuk menyelam………
    dijogja
    ternyata bisa dan mudah
    kalo dulu harus ke situbondo pasir putih
    sekarang tinggal ke semarang aja
    naik Kartini Express
    5 jam dah sampe dermaga karimun
    kalo mo ke kemujan ya pake pesawat cessna ,
    bolehnya sewa dari semarang
    ””’
    bandar udara DEWANDARU. kemujan , karimun jawa
    hehehehe

  24. LPT angkatan 9
    yang diikuti oleh 9 wanita dengan 3 cowok yang cantik-cantik, brmantyas, karo sopo kae
    yang usah bicara
    ada kelainan vocab
    susah bahasa indonesa

    memang unit selam tempat untuk belajar segalanya
    ttg hidup dan kehidupan
    dari sejak menyelam pake pelampung pesawat
    dengan tabung scuba yang cuma ada second stage nya
    tanpa ada presure gauge dan deep meter
    “selam horor’
    meimjam istlah Qaweng
    si orang Bali yang hitam legam,
    galak,
    sombong buanget
    tapi demikian beliau..
    yang dulu pernah mengajarkan selamt kepada ku
    di Kolam Renang Colombo,
    yang sekarang dah jadi Radisson dan sekarangganti lagi jadi Jogja Inn
    yang dulu tahun 90 an direktur marketingnya
    si…awak kekar, ikut dayung, anak HI,
    hitam dan pendiam
    ah…lupa je
    kowe neng ndi saiki
    dulu dia suka nulis di koran
    di harian BERNAS
    dan lumayan produktif nulis
    kok jadi marketingnya Radison
    hehehehe
    dalan urip mu wis ketemu..
    oh iya..
    namanya YUZAK ANSHORI
    Yuzak cah dayung sing mlebu selam
    neng ndi kowe saiki Sak..
    terakhir aku ketemu di cafe barbeque mu kae..
    pas aku karo Bambang Gundul
    ngejob MC di Radison
    lha aku pas itu
    diundang Hogik mantune Rendra
    sing nyiak anaknya sitoresmi
    ya…bojone mbakyune Rachel….
    rombongan SETRAJANA
    mapalnay sospol
    MAPALA nya SOSPOL
    wah
    jadi inget saat aku semangat mengajukan proposal skripsi mejelang KKN
    padahal syarat KKN adalah proposal harus sudah disetujui
    wuah………
    dengan luar biasa aku selesaikan dengan waktu 1 minggu
    ………..
    nah ttg “SKRIPSI” ini
    akan menjadi cerita sendiri
    penulis skripsi terpanang dan terlama di UGM
    saingannya Sri Sultan 9
    yang SH nya 20 tahun juga
    ……….
    dasar laki=laki jawa
    selalu saja ikut tingkah raja nya

  25. ada lagu dari Garby dengan judul
    ‘cinta pertama’
    jadi inget dengan suasana pagi di wisma merbabu kaliurang
    acara musyawarah anggota nya Unit Selam UGM
    yang saat itu memunculkan nama Ika Ristiani sebagai ketua selam
    hingga sekarang dah jadi instruktur selam
    hehehehe
    sekelumit komentar untuk Ika < Raras Wrenges Wijoraras, Si Sum
    Kusuma yang dari dulu emang pas jadi dokter gigi
    bu dokter kusuma
    trus sopo neh kae yoh…
    sing tak kasih kuliah pagi ttg canabis sativa
    dengan semua kandungan dan cara mengenalinya

  26. maaf
    aku comment nya banyak
    maksudku bukan komen
    tapi catatan jabrik ttg pengalamnnya di unit selam
    lha kleru nggon
    maksud ku arep di blog ku
    lha keburu napsu nulis
    ya nerocos aja di sini
    maap
    maap
    maap
    bersama semesta alam raya
    JABRIK cinta samodra luas membentang

  27. aku juga pingin cerita ttg LPT 18 di era tahun 2008,
    lain banget dengan LPT nya di era tahun 90 an,
    tunggu cerita ku di blog jabrik
    1. unit selam era Pasir Putih Situbondo
    2, unit selam era Taman Nasional Baluran, Pantai mBekol dan Bama
    3. Era selam ke Karimunjawa

  28. apik

  29. kalo baca tulisannya Pepeng
    jadi inget saat di perjalanan pulang dari pulo tengah kembali ke syahbandar
    di tengah lautan yang bergelora
    saat ada lompatan jutaan ikan teri
    yang muncul ke permukaan laut
    dengan camar di atas nya
    mereka mendendangkan lagu dari Lobo
    dengan bahasa dari sabang sampe merauke
    hehehehehe…
    usia muda usia bergelora
    selamat……..
    teruskan generasi ini hingga ntar di era entah,
    suana diklat selam yang khas,
    aku punya banyak cerita dari beberapa diklat selam…

  30. mas jabrik ki apik tenan gaya nulis’e..
    kaya’ nulis syair je..

    gimana kalo buat acara Ultah Unyil ntar mas jabrik bikinin syair buat renungan kita-kita ntar…

    yah..sekilas flashback sebagai kado dari masa lalu untuk masa depan

  31. bujug buneng… JBX kasih coment apa curhat wakakakakk pa gak kepanjangan tuh mas…

    sek ah delok tulisannya yg anyar aja hiahiahia

  32. Wahhh udah ANgkatan XVIII yahh…
    Pa kabar nih temen2 angkatan XIV..dirga..riska..yanuar..dll..
    I miz u guys…

  33. mb’ dita diklat brapa?..koq kangennya ma yanuar..??
    gag lagi demam kan..hahahahha

    udah diklat XIX nih..
    bentar lagi LPT..hihihi


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories