Posted by: yanworks | Tuesday, 24 June 2008

Terbesar dan Terdalam

Untuk posting pembuka ini saya pengen bercerita atau bisa dibilang memberi informasi ringan pada para unyilers ataupun pembaca sekalian yang agak nyasar kesini, tentunya berkaitan dengan dunia penyelaman.

Biasanya untuk bisa melakukan penyelaman di laut, kita harus terlebih dahulu melakukan latihan di kolam. Dalam istilah POSSI dikenal dengan nama LKK (Latihan Ketrampilan Kolam) yang merupakan salah satu dari tiga materi pendidikan penyelaman yang harus ditempuh untuk mendapatkan sertifikasi selam, dua lainnya adalah PAP (Pengetahuan Akademis Penyelaman) dan LPT (Latihan Perairan Terbuka).

Nah, faktor penting yang harus ada dalam LKK adalah Kolam itu sendiri. Ya, tentu saja, tanpa kolam artinya materi tersebut bukan disebut dengan latihan ketrampilan kolam, tapi diganti dengan nama lain, contohnya kalo dilakukan di kebun namanya menjadi latihan ketrampilan berkebun, atau jika dilakukan di jalan raya namanya menjadi latihan kemampuan jalanan, gimana kalo tempatnya di kamar? jawab sendiri lah ya.

Di Jogjakarta, dimana basecamp UNYIL berada, hanya sedikit kolam yang cukup memadai untuk latihan simulasi penyelaman, dan salah satunya  Kolam Renang Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta. Karena kolam ini sudah memiliki beberapa kolam standar 50 m x 25 m dan kolam loncat indah dengan kedalaman kurang lebih 6 m.

Pendapat Pribadi aja nih:

Tapi yang kadang menyebalkan dari kolam UNY itu adalah pengelolanya, kalo para unyilers dan orang lain yang pernah latihan selam di kolam ini pasti tahu. Sebut saja namanya Bung Tomo, bukan pahlawan kemerdekaan itu lho ya, tapi bung Tomo ini bisa dibilang agak mempersulit kemajuan selam di Jogja, jangan tanya saya kenapa? silahkan anda berhadapan sendiri dengannya.
(perlu disensor gak ya bagian sini, ah semoga dia gak baca).

OK, diluar itu semua saya ingin memberikan informasi tentang kolam renang lain yang jauh berbeda dari kolam yang telah saya jelaskan diatas. Kolam berikut ini merupakan kolam renang terlebar dan juga kolam renang terdalam didunia. Yang jelas2 dapat digunakan untuk latihan selam juga, sampai puas.

Pertama: Kolam Renang Terluas di Dunia

Resort wisata yang bernama San Alfonso del Mar ini telah menarik perhatian masyarakat di Amerika Selatan, salah satunya karena adanya laguna buatan dan kolam renang sebesar 8 hektar dan berisi 250.000 meter kubik air (setara dengan 250 juta liter). Kolam renang San Alfonso ini memiliki panjang kurang lebih 1 Kilometer dan dibagi ke dalam beberapa spot menarik, diantaranya: Piscina Flotante, Playa Edificio Vela de Proa, Playa Edificio Fragata, Playa Temperada dan Piloto Edificio Goleta. Dalam hal ukurang, kolam renang ini setara dengan 6000 kolam standar olimpiade.

Terletak di Algarrobo, Chili, Resort yang berada di pinggir pantai ini tercatat sebagai resort yang memiliki kolam renang terbesar didunia. Mengalahkan kolam renang Orthlieb Casablanca, Maroko yang memiliki luas 150 meter X 100 meter. Dan orang yang berada dibalik pembuatan resort ini adalah seorang biochemist dan juga pengusaha asal Chili bernama Fernando Fischmann.

Berikut sedikit preview kolam renang San Alfonso del Mar itu:

San Alfonso del Mar tampak dari foto satelit

San Alfonso del Mar aerial view

Playa Temperada

Piloto Edificio Goleta

Pemandangan dari kamar salah satu resort

Untuk lebih jelasnya tentang resort ini silahkan kunjungi website resminya di sanalfonso.cl.

Kedua: Kolam Renang Terdalam di Dunia

Okay, setelah tahu dimana kolam renang terluas didunia, sekarang saya akan memberitahu kolam renang yang merupakan kolam terdalam di dunia.

Jika dibandingkan dengan San Alfonso del Mar, kolam renang yang satu ini jauh lebih kecil. Tapi kolam renang yang bernama Nemo 33 ini merupakan kolam renang yang sangat standar untuk melakukan latihan penyelaman. Berada di kota Brussels, Belgia, Nemo 33 merupakan recreational diving center yang memiliki kolam terdalam didunia. Kolamnya sendiri merupakan susunan dari beberapa struktur yang disatukan dengan kedalaman yang berbeda.

Kolam Nemo 33 memiliki dua buah dasar kolam yang rata (flat) yaitu pada kedalaman 5 m (16 feet) dan 10 m (32 feet), selain itu kolam renang ini juga memiliki kolam yang berbentuk lingkaran (circular) hingga kedalaman 33 m (108 feet). Air yang ditampung pada kolam ini berjumlah 2,5 juta liter dengan air non-chlorine yang terus dijaga pada suhu 30°Celcius (atau sekitar 86°Fahrenheit) sepanjang tahun.

Kolam Nemo 33 di rancang oleh seorang ahli penyelaman asal Belgia bernama John Beernaerts sebagai kolam yang diperuntukkan sebagai tempat untuk pelatihan penyelaman, tempat rekreasi, dan juga untuk fasilitas pembuatan film. Kolam yang dibuka pada tahun 2004 ini bahkan memiliki beberapa simulasi gua bawah air pada kedalaman 10 m.

Bagi anda yang ingin melakukan penyelaman di Nemo 33 diharapkan anda dapat memesan terlebih dahulu, jika tidak, mungkin anda tidak akan dapat giliran. Anda dapat membawa peralatan selam anda sendiri seperti mask, fins, dive computer ataupun peralatan lain, yang pasti peralatan itu harus sesuai standar yang ditetapkan. Jika anda tidak memiliki peralatan, anda bisa meminjam di lokasi. Bagi penyelam bersertifikat, anda dapat melakukan penyelaman bersama buddy anda sendiri. Jika perlu, bisa juga ditemani oleh Instruktur selam dari Nemo 33. Anda hanya memiliki waktu 1 jam setiap sesi penyelaman,  oleh karenanya, anda harus dapat merencanakan sebaik mungkin penyelaman yang akan anda lakukan.

Berikut sedikit preview Nemo 33:

Pintu masuk Nemo 33

Kolam utama Nemo 33

Untuk lebih jelasnya tentang kolam ini silahkan kunjungi website resminya di nemo33.com.


Responses

  1. bagus lagi kalo ada bermacam-macam ‘terumbu kolam’ yang dapat menyegarkan mata..

  2. kurang ditambah garam biar ASIN

  3. di beri foto pak Tomo, kayaknyha asyik juga,,,

  4. jangan2 menegernya pak tomo juga…

  5. wah nek kolame koyo ngono iso die enggo petak umpet..ha..ha..ha……haaaaaaaaaaa

  6. kira-kira kapan dunkz unyil punya kolam kaya gini…. biar ga berhubungan lagi ama Bung Tomo!!!

  7. anjriiiiiit….pak TOMO jeneng Bapak ku yo….
    tp ora serem koyo bung tomo UNY…

  8. dikLAT 13…KPN REUNI??

  9. Kolamnya apik..

    dikuras brapa kali seminggu tuh..???jangan2 cuma dikasih kaporit doankk..

    info baru nih, seiring dengan naiknya harg kaporit, HCl, biaya perawatan, listrik, dll..maka mulai tanggal 1 Agustus 2008 harga tiket masuk kolam juga naik dengan rincian Senin-Sabtu Rp 6.000,- dan Minggu & tanggal merah Rp 7.000,-.

    trus nek meh scuba-an mbayar piro yoh???? Rp 8.500,-??? lupa nanya tadi pas kesana…

  10. wah keren
    tapi sayang ku dah baca di kaskus
    ok thx y
    cari info baru lagi yah mz yans

  11. @ rijal
    Lagian itu juga posting 6 bulan yang lalu, kamu baru comment sekarang. Yang telat sebenarnya bukan postingnya, tapi kamu yang telat baca di blog unyil. hehe.

  12. keren ya..kolam renang’nya…..kl di Indonesia udh ad lum ya…???

  13. kolam renangnya serem…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories